Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Dukun

  • Khurin’in Khurin’in Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nur Fauziyah Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sri Suryanti Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Literasi matematis merupakan kemampuan yang penting bagi siswa, kemampuan ini masih dianggap rendah. Model PBL (Problem Based Learning) adalah model pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematis siswa baik sebelum maupun sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Mereka juga ingin mengetahui bagaimana siswa berinteraksi dengan proses pembelajaran berbasis masalah. Metode dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Pretest dan Posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Dukun tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan literasi matematis dan angket respons siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji t diatas nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 karena nilai signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah.

Kata Kunci: Pembelajaran, Problem Based Learning, Literasi Matematis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-17
Bagaimana cara mengutip:
Khurin’in, K., Fauziyah, N., & Suryanti, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Dukun. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1035-1043. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1006
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 87 times
PDF downloaded: 38 times

Referensi

Astuti, ADKP (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. Jurnal Pendidikan Matematika AlphaMath, 4(2), 37-46. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359

Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56-69 https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061)

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 1749-1759. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Fazriah, R. S., Toto, T., & Nuraida, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk Melalui Model Group Investigation Dengan Strategi Scaffolding. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 125-130. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 2, 905-910.

Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK Dan FPB Pada Siswa Kelas IV Di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476

Kiawati. ES, Junedi, B, & Tabrani, MB.. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis masalah Untuk Meningkatkan Literasi matematis Siswa. Jurnal Cindekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2465-2474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2213

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM.PRISMA,1.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Muharomah, N. N., & Setiawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 389-400. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8115

Munfaridah, L. (2017). Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk melatih kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Retrieved from digilib.uinsby.ac.id: http://digilib.uinsby.ac.id/21340

Nasrulloh, MF, & Nurlia, Z.. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Kelas 7thSiswa. Eduma : Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Matematika, 10(2), 117-126. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v10i2.8564

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3).

PISA, O. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program For International Student Assessment (PISA). JIPMat, 6(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Saputri, G. L., Wardono, & Karisudin, I. 2019. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Dan Pembentukan Kemampuan 4C Dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 563–71. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php /prisma/article/view/29056.

Sari, R. H. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713 - 720.

Sitompul. I, Lutfi. M. K, Rosidah. I. H. (2023). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(2), 122-129. https://doi.og/10.37150/jp.v6i2.1879

Stecey, K & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience.Australia:Springer.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796