Dinamika Asesmen Afektif pada Kurikulum Merdeka pada MI di Jember

  • Oki Demusti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh. Ferdi Hasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia https://orcid.org/0009-0002-4253-7044
  • Siti Robiah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ayu Ningsih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi asesmen afektif di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Jember. Fokus utamanya adalah pada tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya dan solusi yang telah diterapkan dan yang disarankan. Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami dinamika evaluasi afektif di MI dan mencari solusi untuk tantangan dalam implementasinya. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi afektif biasanya dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan perilaku siswa oleh guru, serta dengan umpan balik dari orang tua. Namun, tantangan dalam implementasi evaluasi afektif masih ada, terutama dalam hal objektivitas dan interpretasi hasil. Beberapa strategi dan solusi telah diterapkan dan disarankan, seperti pelatihan dan workshop tentang evaluasi afektif, penggunaan alat evaluasi yang lebih sistematis dan efisien, serta kerjasama dengan orang tua siswa. Kesimpulannya, peningkatan kualitas evaluasi afektif di MI memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, bukan hanya guru, tetapi juga orang tua dan komunitas sekolah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian eksperimental untuk menguji efektivitas solusi yang telah disarankan dalam studi ini dan pengembangan alat evaluasi afektif yang lebih sistematis dan efisien.

Kata Kunci: Asesment, Afektif, Madrasah Ibtidaiyah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-27
Bagaimana cara mengutip:
Demusti, O., Hasan, M. F., Robiah, S., & Ningsih, A. (2024). Dinamika Asesmen Afektif pada Kurikulum Merdeka pada MI di Jember . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1223-1228. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1000
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 146 times
pdf downloaded: 137 times

Referensi

Arifah, H. (2022). Instrumen Hasil Penilaian Afektif Kurikulum 2013.

Bryman, A. (2016). Social research methods. Oxford University Press.

Creswell. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publication.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publication.

Demusti, O., Hasan, M. F., Prastowo, A., Pendidikan Guru, M., Ibtidaiyah, M., & Kalijaga, S. (2023). Peran Media Audio Visual Video Terhadap Motivasi Pembelajaran Peserta Didik SD/MI. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 8(2).

Ferdi Hasan, Moh., Monita, D., & Sukiman. (2024). Revitalisation of Rejang tribal local wisdom: integration of cultural values in the operational curriculum innovation of elementary schools in Rejang Lebong, Indonesia. Education 3-13, 1–18. https://doi.org/10.1080/03004279.2024.2318246

Hasan, M. F., & Maemonah. (2024). Effectiveness of Experiential Learning Based on Multiple Intelligence to Increase MI Student Learning Interest. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.782

Hasanah, N., & Aminatuz Zuhriyah, I. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Ranah Afektif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 14).

Johnson, R. B., & Christensen, L. (2016). Educational research: Quantitative, qualitative, and mixed approaches (5th ed.). Sage Publication.

Monita, D., & Hasan, Moh. F. (2023). The Dynamics of Affective Assessment in MI Schools: Challenges and Solutions. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 112–119. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.769

Prastowo, A. (2020). Profil Guru Pembelajar Di Indonesia Dalam Merespon Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(2), 88–105. https://doi.org/10.18860/mad.v12i2.9061

Rahmayani, F., & Istiyono, E. (2022). Affective Assesment Instrument to Assess Student Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 637–644. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.47681

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. In Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan (Vol. 7).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tia, T., Widodo, W., & Anwar, Moh. F. N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Ranah Afektif pada Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Kelas 4 Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 48–56. https://doi.org/10.35724/musjpe.v5i1.4365