Efektivitas Model TGT Berbantuan Question Box terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 19 Palembang

  • Indy Deraya Ajiba Universitas PGRI Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Lukman Hakim Universitas PGRI Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Dina Sri Nindiati Universitas PGRI Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Nanang Winarno Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen dalam bentuk Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 56 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terdapat 2 kelas yakni V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Bentuk teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Pada observasi diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 87,05% dengan kriteria baik dan nilai guru sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik melalui uji hipotesis N-Gain dan uji N-Gain. Uji hipotesis N-Gain menggunakan uji Independent Sample T-Test yang diperoleh tℎ

Kata Kunci: Efektivitas, Model TGT, Hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Ajiba, I. D., Hakim, L., Nindiati, D. S., & Winarno, N. (2024). Efektivitas Model TGT Berbantuan Question Box terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 19 Palembang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 165-171. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1207
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 42 times
PDF downloaded: 16 times

Referensi

Ahmad Susanto, M. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Alfira, A., & Syofyan, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Daur Kehidupan Hewan Siswa SD. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 177-183.

Damayanti, R., & Nurfaizah A.P, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA di Kabupaten Maros. Journl Of Education, 199-205.

Ella, G, C., Setiani, P, P., Sunuyeko, N., Agustin, A. (2024). Edugame Wordwall : Media Pembelajaran Inovatif IPS Kelas 7 SMP Sunan Ampel Poncokusumo Materi Sosialisasi dalam Masyarakat. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1329-1337.

Hendracita, N. (2021). Model-Model Pembelajaran SD. Bandung: Multi Kreasi Press.

Juanda, A, N., Sujana, A., Ali, Y, E. (2024). Pengaruh Board Game terhadap Pemahaman Konsep IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1381-1386.

Khoirunnisa, L., & Amaliyah, N. (2023). The Influence of the TGT (Team Games Tournament) Type Cooperative Learning Model Assisted by Question Box Media on Student Learning Outcomes in Science Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9804- 9809.

Lestari, & al, e. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 17-30.

Putri, R. D., Destiniar, & Dedy, A. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Kelas V SD Negeri 4 Pedamaran. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 1099-1108.

Puspitasari, F., & dkk. (2018). Efektivitas Model Collaborative Creativity Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 116-120.

Seprina, R., & dkk. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Berbasis Fotografi Bukti Peninggalan Sejarah pada Tingkat SMA. Nirwasita, 73-82.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Utami, Tri Muthi’ah & Rahmiati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1606-1611.