Pengembangan Sensor dan Aktuator Dasar Berbasis Arduino pada Capaian Pembelajaran Embedded System Fase F

  • Syamsul Jamal Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sulis Janu Hartati Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Abdul Wahid Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstract

The objectives of research on the development of basic Arduino-based sensors and actuators on the learning outcomes of embedded systems phase f are: able to develop learning media in embedded system learning outcomes, able to carry out learning media activities with embedded system learning outcomes, can improve embedded system learning outcomes for class XI students in the field of industrial electronics engineering expertise at SMK Negeri 1 Tambelangan. This study adopted a research and development methodology consisting of; opportunities and challenges, data collection, product design, design verification, design revision, product test, product revision, usage test, and product revision. The object of this research is sensor and actuator basic learning media. Data collection was carried out by direct observation and filling out a questionnaire (questionnaire). The validation of learning media was carried out by two material experts and two media experts, while the trial use was carried out at SMK Negeri 1 Tambelangan. The data analysis technique used in this research is quantitative descriptive analysis. The results of the validation of the material from this research reached an eligibility of 90% and the results of the validation of the media from this study showed an eligibility of 89.98% while for user trials it obtained 80% with a very feasible category. The use of learning media sensor and actuator trainers can increase the percentage of students passing from Pretest by 6% to PostTest to 80.0%.

Keywords: learning media, sensors, actuators, development

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syamsul Jamal, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur

Syamsul Jamal, S.T, S.Pd, Lahir di pulau garam kota Sampang – Madura, Jawa Timur. Tepatnya tanggal 01 Pebruari 1979. Menempuh pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tingkat menengah atas di kota sampang. Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Banyuanyar, Sekolah Lanjutan Pertama di SMP Negeri 3 Sampang, Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Sampang. Sehabis menempuh pendidikan di Kota Sampang dilanjutkan ke kota Pahlawan Surabaya. Pada Tahun 1996 masuk perguruan tinggi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Jurusan Komputer Kontrol dan pada tahun 1997 masuk perguruan tinggi di Universitas Negeri Surabaya dengan jurusan Elektronika Komunikasi. Pada saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi penulis mengikuti beberapa pelatihan-pelatihan antara lain : Pelatihan Programable Logic Controller (PLC), Pelatihan Mikrokomputer, Pelatihan Operating System Unix, Pelatihan Bahasa Pemrograman C++ dan Pascal serta pelatihan K3. Selesai menempuh studi di Surabaya pada tahun 2002-2003, penulis bekerja di sebuah perusahaan pertambangan emas di Freeport Indonesia-Papua selama 1 tahun, perusahaan Hali Burton di Jakarta selama 1 tahun dan selama 1 tahun PT Sharp Indonesia di Tangerang. Selain bekerja di sebuah perusahaan besar penulis juga pernah bekerja di sebuah institusi pendidikan antara lain : Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) dan SMP Muhammadiyah 12 Gresik. Tahun 2006 penulis diterima Pegawai Negeri Sipil dan mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambelangan, sebuah sekolah yang berdiri di sebuah desa kecil di Kota Sampang sampai saat ini. Penulis mengajar di SMK tersebut dengan pelajaran : Elektronika Digital, Mikroprosesor, PLC serta beberapa pelajaran Komputer khususnya Dunia Jaringan Komputer berbasis Linux. Sampai saat ini juga penulis aktif sebagai praktisi elektronika dan jaringan komputer di wilayah kota Sampang.

Published
2023-01-31
How to Cite:
Jamal, S., Hartati, S. J., & Wahid, A. (2023). Pengembangan Sensor dan Aktuator Dasar Berbasis Arduino pada Capaian Pembelajaran Embedded System Fase F. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 232-237. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.498
Section
Research Articles
Abstract viewed: 929 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 482 times

References

Arduino. (n.d.). (t.thn.). Arduino Language Reference. Dipetik Januari 11, 2022, dari https://www.arduino.cc/reference/en/.

Arief, S. S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Basuki, A, & Pramono, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Water Level Monitoring Untuk Mata Pelajaran Sensors dan Actuator Teknik Elektronika Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, Vol. 8 No.5, 383-391.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

e-belajarelektronika. (t.thn.). Sensors Gerak PIR (Passive Infra Red). Dipetik Januari 12, 2022, dari http://e-belajarelektronika.com: http://e-belajarelektronika.com/sensors-gerak-pir-passive-infra-red/

e-belajarelektronika. (t.thn.). Bentuk dan Karakteristik Sensors suhu LM35. Dipetik Januari 12, 2022, dari http://e-belajarelektronika.com/bentuk-dan-karakteristik-sensors-suhu-lm35/: http://e-belajarelektronika.com/bentuk-dan-karakteristik-sensors-suhu-lm35/

Elektronika, T. (t.thn.). Pengertian Light Dependent Resistor dan Cara Mengukurnya. Dipetik Januari 12, 2022, dari http://e-belajarelektronika.com: http://e-belajarelektronika.com/LDR

Hidayat, E, & Sudira, P. (2018). Trainer Sensors and Actuator As A Learning Media for Class XI Industrial Electronic Engineering SMK Negeri 3 Wonosari. Jurnal Pendidikan Elektronika, Vol. 7 No 3, 87-93.

Jariyah, A, & Suryono. (2020). Pengembangan Trainer Sensors pada Mata Pelajaran Sensors dan Actuators Kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Sunan Drajat Lamongna. Junal Edu Elektrika, Vo. 9 No. 1, 11-18.

Sakti, E. (t.thn.). Sensors Ultrasonik. Dipetik Januari 12, 2022, dari https://www.elangsakti.com: https://www.elangsakti.com/2015/05/sensors-ultrasonik.html.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Syaefudin, N, & Hertanto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Sensors dan Actuator untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, Vol. 6 No.3, 258-267.

Triyanto,A, & Arifin, F. (2016). Pembelajaran Sensors Pir Parallax, Half Effect, dan Sensors Ds18b20 pada Mata Pelajaran Sensors dan Actuator di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika, Vol. 5 No. 5, 1-6.