Peningkatan Karakter Disiplin Guru Melalui Diskusi Hasil Pemantauan Berkesinambungan di SD 2 Barongan UPT PP Kecamatan Jetis
Abstrak
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin guru melalui diskusi hasil pemantauan berkesinambungan di SD 2 Barongan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya karakter disiplin, hasil pemantauan belum optimal dan belum adanya kegiatan diskusi untuk membahas hasil pemantauan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru SD 2 Barongan yang berjumlah 8 guru yang terdiri atas 2 guru laki-laki dan 6 guru perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pra tindakan untuk mengetahui karakter awal disiplin. Kegiatan diskusi hasil pemanataun pada siklus 1 pertemuan pertama masih berada pada kategori cukup. Hasil diskusi pada pertemuan kedua siklus pertama berada pada kategori baik, namun skor yang diperoleh masih rendah. Hasil observasi kedisiplinan pada pertemuan pertama masih berada pada kategori cukup. Pada pertemuan kedua siklus pertama hasil karakter disiplin sudah berada pada kategori baik, dengan skor yang masih rendah. Siklus II pertemuan pertama hasil diskusi berada pada kategori baik. Pada pertemuan kedua skor meningkat dengan skor yang meningkat. Pada kondisi awal rata-rata skor karakter disiplin adalah 28,625. Pada siklus I skor rata-rata karakter disiplin meningkat menjadi 31,56 dengan kategori baik. Selanjutnya pada tindakan siklus II, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 42,25 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diskusi hasil pemanataun berkesinambungan di sekolah dapat meningkatkan karakter disiplin guru di SD 2 Barongan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2019 Sarjiyati Sarjiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

