Peningkatan Karakter Disiplin Guru Melalui Diskusi Hasil Pemantauan Berkesinambungan di SD 2 Barongan UPT PP Kecamatan Jetis

  • Sarjiyati Sarjiyati SD 2 Barongan UPT PP Kecamatan Jetis,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin guru melalui diskusi hasil pemantauan berkesinambungan di SD 2 Barongan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya karakter disiplin, hasil pemantauan belum optimal dan belum adanya kegiatan diskusi untuk membahas hasil pemantauan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru SD 2 Barongan  yang berjumlah 8 guru yang terdiri atas 2 guru laki-laki dan 6 guru perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pra tindakan untuk mengetahui karakter awal disiplin. Kegiatan diskusi hasil pemanataun pada siklus 1 pertemuan pertama masih berada pada kategori cukup. Hasil diskusi pada pertemuan kedua siklus pertama berada pada kategori baik, namun skor yang diperoleh masih rendah. Hasil observasi kedisiplinan pada pertemuan pertama masih berada pada kategori cukup. Pada pertemuan kedua siklus pertama hasil karakter disiplin sudah berada pada kategori baik, dengan skor yang masih rendah. Siklus II pertemuan pertama hasil diskusi berada pada kategori  baik. Pada pertemuan kedua skor meningkat dengan skor yang meningkat. Pada kondisi awal rata-rata skor karakter disiplin adalah 28,625. Pada siklus I skor rata-rata karakter disiplin meningkat menjadi 31,56 dengan kategori baik. Selanjutnya pada tindakan siklus II, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 42,25 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diskusi hasil pemanataun berkesinambungan di sekolah dapat meningkatkan karakter disiplin  guru di SD 2 Barongan.

Kata Kunci: Karakter, Disiplin, Diskusi, pemantauan berkesinmabungan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Sarjiyati, S. (2019). Peningkatan Karakter Disiplin Guru Melalui Diskusi Hasil Pemantauan Berkesinambungan di SD 2 Barongan UPT PP Kecamatan Jetis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 93-99. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.99
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 159 times
PDF downloaded: 220 times