Pengembangan Media Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi serta Minat pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7 SMP

  • Muhammad Fikry Universitas Insan Budi Utomo Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Muhammad Naharuddin Arsyad Universitas Insan Budi Utomo Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nurcholis Sunuyeko Universitas Insan Budi Utomo Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Materi sejarah masuknya Hindu-Budha dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berperan penting untuk membentuk logika berpikir sejarah bagi siswa. Namun, kenyataan di SMP Sunan Ampel Poncokusumo Malang menunjukkan bahwa sering terjadi proses pembelajaran IPS pada materi tersebut yang didominasi oleh metode ceramah dan tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif. Metode diskusi telah diterapkan untuk mengatasi hal tersebut, namun gambaran konkrit dari materi sejarah yang disampaikan belum mampu disampaikan secara optimal. Oleh sebab itu, peneliti melakukan pengembangan proses pembelajaran mengenai mata pelajaran IPS di SMP Sunan Ampel Poncokusumo, sehingga penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan pengembangan media pembelajaran monopoli dalam meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan (2) untuk menjelaskan hasil evaluasi pengembangan media pembelajaran monopoli dalam meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam perancangan kali ini adalah penelitian pengembangan dengan teknik perencanaan ADDIE. Dalam proses perancangan tersebut melalui lima tahapan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media yang pertama dari guru IPS sekolah tersebut serta ahli validasi media dan ahli materi yang kedua dari Dosen Universitas Insan Budi Utomo Malang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli mendapatkan penilaian akhir dari validasi ahli media dan ahli materi sebesar 87,5%, masuk dalam kategori "sangat valid". Sementara itu, hasil dari angket respon peserta didik mencapai skor 88%, mencapai kriteria "sangat baik". Media pembelajaran monopoli yang telah dikembangkan memenuhi standar kevalidan baik dari segi media maupun materi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS.

Kata Kunci: IPS, media monopoli, motivasi, minat, SMP

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-05
Bagaimana cara mengutip:
Fikry, M., Arsyad, M. N., & Sunuyeko, N. (2024). Pengembangan Media Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi serta Minat pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7 SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1574-1582. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.987
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 38 times
PDF downloaded: 7 times

Referensi

Amelia, R. et al. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Daring Pada Materi Geometri SMP dengan Pendekatan Project Based Learning Berbantuan Software Wingeom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 759–769.

Arsyad, M, N. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188–198.

Budiastuti, S, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Metode Modifikasi Permainan Anak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 146–155.

Firdausi, F, U & Bashofi, F. (2020). Media Movie Dalam Pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia Untuk Meningkatkan Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 128–144.

Khotimah, K., & Pebri Setiani, P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Screencast-o-matic (SOM) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Ikip Budi Utomo Malang. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 35–45. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp35-45

Kristiani, D. (2015). Ensiklopedia Negeriku Permainan Tradisional (Jakarta). PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Maharjono. (2019). Efforts to Increase Interest and Achievement in History Learning Through Mind Mapping Method in Class X Science 1 Students of SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 69–75.

Mufarikha. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Utang Bapak Ali (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) Pada Kelas V di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Muhibbin, S. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Novariyanto, R, A. (2020). Makna Historis Monumen Kesejarahan di Malang Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 47–58.

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (3rd ed.).

Oba, M. et al. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (Stad) Berbasis Metode Sort Card di SMP Swasta Kalembu Kutura Kelas VIII. MAHARSI, 3(2), 31–47.

Rahadian, S & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. JURNAL AGASTYA, 11(2).

Setiani, P. P., & Novariyanto, R. A. (2021). Pengembangan Blended Learning Interaktif Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Sejarah Dan Sosiologi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 252–257.

Siskawati, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1).