Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Kreatif Teks Editorial Bahasa Indonesia

  • Uswatun Hasanah Program Studi Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar,  Indonesia
  • Muhammad Saleh Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar, Makassar,  Indonesia

Abstrak

Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Kreatif Teks Editorial Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi dikalangan siswa yakni kurangnya kemampuan menulis siswa disebabkan oleh fakta bahwa siswa tidak diberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi teks editoral  yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan tingkat ketuntasan siswa dalam model pembelajaran Project Based Learning dan hubungannya dengan menulis teks editorial yang kreatif.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan berbentuk penelitian kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran menulis kreatif teks editorial dengan model pembelajaran berbasis proyek berhasil meningkatkan nilai belajar siswa. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hasil pembelajaran sebelumnya dalam menulis kreatif teks editorial. Sehingga hasil yang didapatkan dalam penerapan model pembelajaran project based learning sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatifnya dengan rata-rata nilai 90 dari nilai sebelumnya yakni 77.

Kata Kunci: Project Based Learning, Menulis Kreatif, Teks Editorial

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Hasanah, U., & Saleh, M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Kreatif Teks Editorial Bahasa Indonesia . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1446-1452. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.980
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 63 times
PDF downloaded: 18 times

Referensi

Akhadiah dkk., (1992). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo,

As-Sya’i, A. R., Ananda, R., & Haidir, H. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 876–882.

Fauziati, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Opini/Editorial Melalui Penggunaanstrategi Think-Talk-Write (Ttw) Denganmodel Project-Basedlearning Pada Peserta Didik Kelas Xii Mipa 3 Semester 2 Sma Negeri 1 Paguyangan Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(3), 167–175.

Idayanti, Z., Suleman, M. A., Najib, M., Nisa, A. K., & Prasetyo, A. E. W. A. (2024). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 689–694.

Irmayanti, I. (2019). Penerapan Strategi Think-Talk-Write (Ttw) Dengan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Memproduksi Teks Editorial Smk Negeri 1 Subang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 214–222.

Kosasih, E. (2006). Cerdas Berbahasa Indonesia. (No Title).

Munandar, S. C. U., Salim, E., Semiawan, C., Noerhadi, T. H., Munandar, A. S., Setiawan, B., Sidi, P. I. P. S., Nugroho, M., Utomo, B., & Mulyadi, S. (2001). Pengalaman Hidup 10 Tokoh Kreativitas Indonesia Mengembangkan Kreativitas. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurhijatina, H., Larasati, N. J., Zulhijrah, Z., Irawan, M. F., & Prastowo, A. (2024). Project-based learning: Mencapai Tujuan Kurikulum melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 942-949. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.792

Romelah, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Kata Mengalir Berbantuan Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pagentan. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 13(1), 59–72.

Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 3–13.

Sumadiria, A. S. (2004). Menulis Artikel dan Tajuk Rencana (Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional).

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

Yarmi, G. (2014). Meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa melalui pendekatan whole language dengan teknik menulis jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16.

Yudawati, I. (2014). Model Pembelajaran Odel Pembelajaran Pengalaman di Luar Kelas (Outdoor Experiential Learning) yang Berorientasi Kecerdasan Intrapersonal dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuliani, Y., & Sujinah, S. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 170–180.