Peningkatan Prestasi Belajar Matriks dengan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Yogyakarta dan (2) meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 24 orang. Data prestasi belajar peserta didik diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara kualitatif untuk melihat peningkatan prestasi peserta didik di setiap siklus. Data yang diperoleh melalui tes dianalisis ketuntasan nilainya berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan dihitung prosentase ketuntasannya. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) proses penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom diawali dengan proses perancangan, pelaksanaan, sampai evaluasi (refleksi) dan (2) prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan ditinjau dari tes hasil belajar di setiap pelaksanaan siklus dengan prosentase ketuntasan peserta didik sebesar 83%.
Data Unduhan PDF
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)