Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan SETS Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII E SMP Negeri 1 Wonosari
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan SETS (Science, Enviroment, Technology and Society) pada materi Pencemaran Lingkungan kelas VII E SMP Negeri 1 Wonosari semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berlangsung selama 2 (dua) siklus, siklus pertama dilaksanakan 3 (tiga) kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan 2(dua) kali pertemuan. Hal yang ingin ditingkatkan melalui penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui pendekatan SETS. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket dan test. Data angket motivasi berupa skor perolehan siswa selama siklus I dan siklus II sedangkan data hasil belajar adalah nilai hasil test siswa setelah proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil angket ditabulasi dan diolah kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan untuk mengukur peningkatan dan ketercapaiannya. Data hasil test diolah dengan cara menghitung persentase jumlah siswa yang mencapai KKM kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan untuk mengetahui peningkatan dan ketercapaiannya. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendekatan SETS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Rekap hasil akhir motivasi belajar siswa meningkat dari 65,83% (cukup) pada siklus I menjadi 76,28% (baik) pada siklus II sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari 58,33 % pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2019 Iin Indriyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

