Gambaran Fear of Success Pada Guru Wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an

  • Winda Putri Diah Restya Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Aceh, Aceh,  Indonesia
  • Rio Tri Mukti Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Aceh, Aceh,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada fenomena fear of success yang dialami oleh guru wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an, Banda Aceh. Masalah penelitian ini terletak pada tingginya tingkat kecemasan dan ketidakpercayaan diri guru wanita terkait peluang kenaikan jabatan untuk posisi yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan  studi kasus. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 orang guru wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh empat orang partisipan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti konflik peran ganda, tuntutan keluarga terutama dari mertua dan konflik sosial dengan rekan sekerja memainkan peran yang sangat signifikan dalam menimbulkan "fear of success" di kalangan guru wanita. Guru wanita cenderung menghindari peluang kesuksesan yang lebih tinggi, karena memiliki kekhawatiran tidak dapat membagi waktu antara pekerjaan dan tanggung jawab rumah tangga, selain itu stigma sosial yang diberikan oleh keluarga terdekat mengenai peran wanita sebagai ibu rumah tangga juga turut menyumbang ketakutan pada wanita untuk mengambil tawaran posisi yang lebih tinggi.  Adapun bentuk strategi coping yang dilakukan oleh partisipan dalam menghadapi ketakutan adalah dengan model problem focused coping, yakni dengan berusaha mengidentifikasi hambatan dan menentukan langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah tersebut, meskipun pada akhirnya keputusannya adalah tetap menolak peluang kenaikan jabatan. Penelitian ini tidak hanya berhasil mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi fear of success pada guru wanita tetapi juga memberikan pandangan strategis untuk mengatasi tantangan psikologis dan sosial yang dihadapi oleh guru wanita dalam mencapai keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadinya.

Kata Kunci: Fear of success, Stereotype, Gender, Guru Wanita

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-10-31
Bagaimana cara mengutip:
Restya, W. P. D., & Mukti, R. T. (2025). Gambaran Fear of Success Pada Guru Wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 1908-1914. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.945
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 55 times
PDF downloaded: 19 times

Referensi

Affifaha, A. N., & Farida. (2019). Kesetaraan Gender dan Gap Pendapatan di Indonesia. Jurnal. Ub. Ac. Id.

Adibah, P. (2009). Hubungan antara Motivasi Berpretasi dengan Fear of Succes pada Wanita Bekerja Dewasa Muda. http://ejournal.gunadarma.ac.id

Badan Pusat Statistik. (2016). Jumlah Guru di Banda Aceh; Hasil Survei Penduduk Antar Sensus 2014, BPS Kota Banda Aceh.

Blair-Loy, M. (2003). Competing devotions: Career and family among women executives. Harvard University Press.

Collins., & Eggleton. (dalam Afifah, M, 2020). Hubungan Antara Internal Locus Of Control Dengan Fear Of Success Pada Mahasiswa. Skripsi, Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tidak Diterbitkan,

Dewi, S. S. (2017). Hubungan Konflik Peran Ganda Dengan Ketakutan Untuk Sukses Pada Ibu Yang Bekerja di PT. Bumi Sari Prima Pematang Siantar. Jurnal Psikologi Konseling, 10(1), 75-87.

De Dreu, C. K. W., & Weingart, L. R. (2003). Task versus relationship conflict, team performance, and team member satisfaction: A meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 88(4), 741–749.

Esterberg. (dalam Sugiyono, 2015). Teknik Wawancara. Bandung: Alfabeta.

Eagly, A. H., & Carli, L. L. (2007). Through the labyrinth: The truth about how women become leaders. Harvard Business Review Press

Faisa (dalam Sugiyono, 2015). Realibilitas dan Kemampuan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Hadi. (dalam Sugiyono, 2015). Teknik Pengamatan/Observasi. Bandung: Alfabeta

Harvey, M. & Jones, S. (2022). Challenge Accepted: Women Claiming Leadership in Higher Education Learning & Teaching. Journal of University Teaching & Learning Practice (JUTLP), 19(1).

Horner. (dalam Andre., & Metzler, 2011). Gender Differences in Fear of Success: A Preliminary Validation of the Performance Success Threat Appraisal Inventory. Journal Psychology of Sport and Exercise, 12, 415-422.

Horner. (dalam Sahrah, 2011). Toward an Understanding of Achievement related Conflict in Women. Journal Social Issues, 28(2), 157-175.

Kemendikbud. (2016). Patriarki. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/patriarki.

Kossek, E. E., & Lambert, S. J. (2005). Work and life integration: Organizational, cultural, and individual perspectives. Lawrence Erlbaum Associates.

Lestari. (2017). Perdagangan Perempuan Vietnam Ke Tiongkok Tahun 2005-2009: Perspektif Feminisme-sosialis. Journal of International Relations, 3(1), 1-9.

Lestari, D. (2017). "Dampak investasi sektor pertambangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja. Forum Ekonomi, 18(2).

Lestari, Y. I. (2017). Fear of success pada perempuan bekerja ditinjau dari konflik peran ganda dan hardiness. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim, 13(1), 55-63.

Miles., & Huberman (dalam Sugiyono, 2015). Analisis Data. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, A., Suryanto., & Hartini, N. (2019). Hubungan Antara Optimisme Dengan Fear Of Success Pada Wanita Yang Bekerja di Bank. Diss. Sriwijaya University.

Hartini, N. (2019). Fear of success perempuan bekerja dalam perspektif Budaya Jawa. Palastren, 11(1), 74-92.

Rahmawati, A., Suryanto., & Hartini, N. (2018). Fear of success perempuan bekerja (dalam perspektif budaya jawa). PALASTREN Jurnal Studi Gender, 11(1), 73-92.

Rahmawati, A. (2016). Fear of success dan pengarusutamaan gender dalam pembangunan. Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity yang Diselenggarakan oleh Psychology Forum UMM.

RK Dewi., dkk. (2019). International Journal of Evaluation and Research in Education, 8 (2), 265-270.

Rudman, L. A., & Glick, P. (2001). Prescriptive gender stereotypes and backlash toward agentic women. Journal of Social Issues, 57(4), 743-762.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Teknik Dokumentasi. Bandung: Alfabeta.

Sitepu, L., Zulkarnain, Z., & Zahreni, S. (2017). Pengaruh Situasi Kompetisi Kerja dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Fear Of Success Pada Wanita Bekerja. Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 14(2), 25-28. doi:https://doi.org/10.18860/psi.v14i2.6507

Sukma, M.A.M. 2022. Hubungan antara Strategi Coping dengan Kelelahan Emosional dalam Pendampingan Sistem Belajar Daring. Skripsi. Fakulltas Psikologi: Universitas Islam Riau

Tresemer, D. W. (2012). Fear of success. Springer Science & Business Media, 2012.

Zuckerman, M., &0Allison, S. N. (dalam Sahrah, A, 2011). Pengaruh Atribusi Kesuksesan Terhadap Ketakutan Untuk Sukses Pada Wanita Karir. Jurnal Ilmiah Psycho Idea, 12.