Gambaran Fear of Success Pada Guru Wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada fenomena fear of success yang dialami oleh guru wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an, Banda Aceh. Masalah penelitian ini terletak pada tingginya tingkat kecemasan dan ketidakpercayaan diri guru wanita terkait peluang kenaikan jabatan untuk posisi yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 orang guru wanita di SDIT Bayyinah Tahfizul Qur’an. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh empat orang partisipan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti konflik peran ganda, tuntutan keluarga terutama dari mertua dan konflik sosial dengan rekan sekerja memainkan peran yang sangat signifikan dalam menimbulkan "fear of success" di kalangan guru wanita. Guru wanita cenderung menghindari peluang kesuksesan yang lebih tinggi, karena memiliki kekhawatiran tidak dapat membagi waktu antara pekerjaan dan tanggung jawab rumah tangga, selain itu stigma sosial yang diberikan oleh keluarga terdekat mengenai peran wanita sebagai ibu rumah tangga juga turut menyumbang ketakutan pada wanita untuk mengambil tawaran posisi yang lebih tinggi. Adapun bentuk strategi coping yang dilakukan oleh partisipan dalam menghadapi ketakutan adalah dengan model problem focused coping, yakni dengan berusaha mengidentifikasi hambatan dan menentukan langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah tersebut, meskipun pada akhirnya keputusannya adalah tetap menolak peluang kenaikan jabatan. Penelitian ini tidak hanya berhasil mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi fear of success pada guru wanita tetapi juga memberikan pandangan strategis untuk mengatasi tantangan psikologis dan sosial yang dihadapi oleh guru wanita dalam mencapai keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadinya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Winda Putri Diah Restya, Rio Tri Mukti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












