Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Nurdiyanto Nurdiyanto Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Reksahati Wulandari Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Jamal Jamal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Karman Karman Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Maslani Maslani Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Sumber belajar bagi peserta didik dan pendidik perlu dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bahan ajar non cetak yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam. Serta bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan bahan ajar non cetak di dalam pembelajaran PAI. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi Pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini memuat dua sumber yakni primer dan sekunder. Primer meliputi: artikel jurnal, E-Book, website, dan media internet lainnya. Sedangkan sekunder meliputi: proseding online, majalah, koran dan media internet yang berkaitan dengan tema dan pembahasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni mengumpulkan dari sumber-sumber yang telah disebutkan kemudian diklasifikasi dan selanjutnya ditarik kesimpulan. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yakni mengnitegrasikan pengetahuan secara umum ditarik kekhusus (induktif). yakni dari hasil pengumpulan melalui sumber primer dan sekunder kemudian diklasifikasi data, menampilkan data, kemudian diinterpretasikan hingga menghasilkan pengetahaun untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data pengembangan bahan ajar non cetak sangat diperlukan kemudian di desain dan dikembangkan serta diimplementasikan ke dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam sehingga hasilnya bisa dievaluasi dari rangkaian proses pengembangan tersebut. Kesimpulan dalam penelitian bahwa ada berbagai jenis bahan ajar non cetak seperti audio visual, audio, multimedia interaktif dan media pajangan (display).

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Non Cetak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Nurdiyanto, N., Wulandari, R., Jamal, J., Karman, K., & Maslani, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1320-1328. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.930
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 123 times
PDF downloaded: 48 times

Referensi

Agnezi, Laura Aliyah, And Nyswatul Khair. 2019a. “PENGERTIAN, JENIS-JENIS DAN KARAKTERISTIK BAHAN AJAR NON CETAK (ICT).”

Agnezi, Laura Aliyah, And Nyswatul Khair. 2019b. “PENGERTIAN, JENIS-JENIS DAN KARAKTERISTIK BAHAN AJAR NON CETAK (ICT).”

Andi, Fran Surya, Yenni Darvina, And Ratnawulan Ratnawulan. 2017. “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Non Cetak Bermuatan Karakter Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Siswa Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI SMA Negeri 3 Padang.” Pillar Of Physics Education 10(1).

Angga, Prayogi Dwina, Eko Hariyanto, And Agus Tomi. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Pencak Silat Berbasis Courselab 2.4.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 16(1):9–17.

Belawati, Tian. 2003. “Pengembangan Bahan Ajar.” Jakarta: Universitas Terbuka.

Berliani, Normandita Adventina, And Caroline Victorine Katemba. 2021. “The Art Of Enhancing Vocabulary Through Technology.” Jurnal Smart 7(1):35–45.

Bintek, KTSP. 2009. “Pengembangan Bahan Ajar.”

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Vol. 722. Springer.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Daulay, Maraimbang. 2020. “Memahami Peta Integrasi Dan Konflik Di Indonesia.” Jawi 3(1):1–21.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):104–13.

Humaedi, Humaedi, And Rudi Hartono. 2021. “KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA 1950-2013 (ANALITIS ALOKASI WAKTU PELAJARAN PAI PADA SEKOLAH UMUM).” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8(1):317–33.

Indariani, Artisa, Nur Ayni, Surya Amami Pramuditya, And Muchamad Subali Noto. 2019. “Teknologi Buku Digital Matematika Dan Penerapan Potensialnya Dalam Distance Learning.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3(1):1–12.

Jannah, Dewi Rahmawati Noer, And Idam Ragil Widianto Atmojo. 2022. “Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):1064–74.

Joni, RT, And Igak Wardhani. 1984. “Pengembangan Paket Belajar.” Jakarta: Depdikbud. P2LPTK.

Khamim, Siti, And Ulfa Adilla. 2022. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muara Bungo.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 4(2):55–73.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Maghfiroh, Eva, And Syamsul Arifin. 2021. “Implementasi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Memudahkan Pembelajaran IPA Terhadap Peserta Didik.” Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 4(2):213–31.

Marhadi, Syamsu Nisa Lestari, Humairah Upuolat, Nurul Azmi Alting, And Rusli Hasan. 2023. “Analisi Jenis-Jenis Bahan Ajar Dalam Proses Pembelajaran.” Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam 3(2):67–74.

Marzuki, Yumelda, Hasbi Azis, And Ayu Triana. 2019. Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video). Preprint. INA-Rxiv. Doi: 10.31227/Osf.Io/Vamb6.

Maulidiyah, Farah Nayla. 2020. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan 29(2):93–100.

Miles, Matthew B., And A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.

Muhaimin, MA. 2020. Paradigma Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Mutaqi, Ibnul, And Novia Dwi Nurcahyaningtias. 2021. “PERAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” JOURNAL OF ARABIC STUDIES.

Prasetyo, Arif Rahman, And Tasman Hamami. 2020. “Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum.” Palapa 8(1):42–55.

Prastowo, Tjipto. 2010. “Propagating Gravity Current In A Uniform Channel As A Laboratory Model For Salt Intrusion.”

Pratama, Yudi, And Dios Sarkity. 2022. “Penggunaan Bahan Ajar Non Cetak Pada Pembelajaran Tatap Muka 100% Di SMP Negeri Se-Kota Tanjungpinang.” TANJAK: Journal Of Education And Teaching 3(2):101–13.

Pribadi, Benny A. 2019. “Pengertian Dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Bahan Ajar.”

Pribadi, Jessica Avelina, Michael Adiwijaya, And Halimin Herjanto. 2019. “The Effect Of Brand Trilogy On Cosmetic Brand Loyalty.” International Journal Of Business And Society 20(2):730–42.

Rahmah, Siti, And Asrizal Asrizal. 2019. “Validitas Reliabilitas Praktikalitas Bahan Ajar Non Cetak.”

Rohmah, Naily. 2019. “Integrasi Kurikulum Dan Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa.” El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9(2):197–218.

Setiawan, Nandang. 2023. “Pemanfaatan Bahan Ajar Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah.” Al-Miskawaih: Journal Of Science Education 2(1):85–104.

Shofwan, Ach, Faiz Alfan Hamdan Maulana, And Nurul Hadi. 2022. “Analisis Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas 1 Sampai Kelas III Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Jurnal Studi Pendidikan Islam 19(1).

Sholeh, Muhammad, And Edhy Sutanta. 2019. “Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Dengan Videoscribe Pada Guru Smk Tembarak Temanggung.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):1–9.

Sitohang, Risma. 2014. “Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SD.” Jurnal Kewarganegaraan 23(02):13–24.

Sudirman, R., And SC Seow. 2009. “Electroencephalographic Based Hearing Identification Using Back-Propagation Algorithm.” Pp. 991–95 In. IEEE.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif). Bandung: ALFABETA CV.

Sungkowo, M. 2010. “Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK.” Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Supardi, Agus. 2014. “Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1(2):161–67.

Suryani, Sri, Heryanto Heryanto, Rusdaeni Rusdaeni, Ahmad Nurul Fahri, And Dahlang Tahir. 2020. “Quantitative Analysis Of Diffraction And Infra-Red Spectra Of Composite Cement/Baso4/Fe3O4 For Determining Correlation Between Attenuation Coefficient, Structural And Optical Properties.” Ceramics International 46(11):18601–7.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di SD. Kencana.

Susilawati, Evi, And Imamul Khaira. 2021. “Implementasi E-Learning Flipped Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mendesain Materi Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 14(1):60–68.

Syahputra, Edi. 2018. “Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” In Vol. 1.

Syarah, Erah Siti. 2012. “Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak Berbasis Ebook Dengan Aplikasi Adobe Captivate 3.0 Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilimus.”

Waluyo, Budi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT.” JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 7(02):229–50.

Wong, Michael, Judith A. Soon, Peter J. Zed, And Wendy V. Norman. 2014. “Development Of A Survey To Assess The Acceptability Of An Innovative Contraception Practice Among Rural Pharmacists.” Pharmacy 2(1):124–36.

Yusuf, Muhammad, Andri Haryono, Hardianti Hafid, Nur Agus Salim, And Muhsin Efendi. 2022. “Analysis Of Competence, Leadership Style, And Compensation In The Bandung City Pasar Bermartabat.” Jurnal Darma Agung 30(1):524–2.