Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SD Sindet UPT PP Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul

  • Heny Rismiati SD Sindet Jetis Bantul,  Indonesia

Abstrak

Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk : 1) Meningkatkan Kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis, 2) Untuk mengetahui langkah-langkah peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis yang ada di SD Sindet Kecamatan Jetis Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Seorang guru dituntut memiliki beberapa kemampuan dan ketrampilan sebagai bagian kompetensi profesional guru. Metode Penelitian Tindakan Sekolah terdiri dari dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi pengamatan, wawancara. Subyek penelitian adalah guru-guru yang berjumlah 7 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 pada SD Sindet UPT PPK Jetis. Pada siklus I hasil kemampuan guru dalam menyusun RPP mencapai rata-rata 65% yang penilaian KBM mencapai 62%, dan Penggunaan metode pembelajaran mencapai 69%. Di siklus II Penyusunan RPP mencapai 74%, Pelaksanaan KBM mencapai 77%, Penilaian Penggunaan Metode pembelajaran mencapai 82%. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah yang terkait dengan Upaya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui Supervisi klinis dapat ditarik kesimpulan Meningkat.

Kata Kunci: Kemampuan Guru, Metode Pembelajaran, Supervisi Klinis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Heny Rismiati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SD Sindet UPT PP Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 44-50. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.93
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 194 times
PDF downloaded: 183 times