Prototype Model Pembelajaran A.S.A.P Berbasis Aplikasi Capcut untuk Siswa Kelas 5

  • Eka Puspawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sutrisna Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Ciri paling utama pada abad 21 adalah tidak dapat dipisahkannya teknologi dan informasi dari berbagai bidang kehidupan. Keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi dapat dikuatkan pada siswa melalui variasi bentuk atau model pembelajaran di kelas. Penelitian bertujuan untuk pengembangan berdasarkan dua model pembelajaran yang sudah ada yaitu model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) serta dengan penyesuaian kemajuan teknologi dan informasi pada abad 21. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti melakukan proses Analyze untuk mengidentifikasi kebutuhan, kemudian hasil tahap Analyze digunakan untuk merancang model pembelajaran pada tahap Design. Sehingga rancangan  yang sudah jadi dikembangkan pada tahap Develop  kemudian diimplementasikan pada tahap Implement dan dievaluasi pada tahap Evaluation. Penelitian yang dilakukan di SDN Bohol Rongkop mendapatkan respon positif dari peserta didik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 siswa kelas V, seluruhnya tampak aktif dalam kegiatan belajar. Motivasi belajar siswa meningkat sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajarnya. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan jumlah siswa yang mampu mencapai batas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang awalnya hanya sebanyak 3 siswa menjadi 8 siswa dari jumlah seluruhnya 10 siswa, selain itu kreativitas siswa juga semakin terasah dengan penggunaan model pembelajaran A.S.A.P berbasis aplikasi Capcut ini.

Kata Kunci: keterampilan abad 21, research and development (RnD), model pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-24
Bagaimana cara mengutip:
Puspawati, E., & Wibawa, S. (2024). Prototype Model Pembelajaran A.S.A.P Berbasis Aplikasi Capcut untuk Siswa Kelas 5. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1497-1503. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.927
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 12 times
PDF downloaded: 9 times

Referensi

Aji, N. H & Puspasari, D. (2021). Prototype Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya. JPAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 300-311. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p300-311

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Pahmi, et.al. (2022). Using the Capcut Application as A Learning Media. Journal International Inspire Education Technology, 1(1).

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2020). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Puspitasari, A.D & Aprinastuti, C. (2023). Pengembangan Prototype Media Pembelajaran Pizza Skittle Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. https://e-conf.usd.ac.id/index.php/usdbsh/usdbsh2023

Puspitasari, L. Dkk (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya. UIN Syahada. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959

Salhuteru, J. Dkk (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. DIDAXEI, 4(1), 536-550. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/760

Suardi M. (2023). Prototipe Model Pembelajaran Adabul Muta’allim Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Journal on Education, 6(1), 5662-5672. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3755

Sugihartini, N. & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Ejournal Undhiksa. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Tejawati, dkk. (2021) Prototipe Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. METIK Jurnal: Jurnal Universitas Mulia, 5(1). https://doi.org/10.47002/metik.v5i1.210

Windyarini, S. (2019) Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas (Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21). Yogyakarta: Dee Publish.

Zakiah, N. E. Dkk (2020). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Jurnal Unigal, 5(2). Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194