Penggunaan Media Video Motion Graphic (Powtoon) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP

  • Nandalawi Nandalawi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki masalah ketuntasan pada hasil belajar peserta didik sebelumnya dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi powtoon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus pada proses pembelajaran. Pada setiap siklus terdiri atas empat tahap, diantaranya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitiana ini dilakukan sebagai solusi dari masalah yang dihadapi guru, salah satunya yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah. Sedangkan pada prosesnya, digunakan beberapa metode pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, pre test dan pos test dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan membandingkan nilai standar ketuntasan atau KKM, dengan peningkatan pada persentase ketuntasan peserta didik setiap siklusnya. Sedangkan pada hasil penelitian ini terdapat perubahan kenaikan persentase pada hasil belajar peserta didik yaitu, sebelum pembelajaran menggunakan media powtoon (menggunakan metode pembelajaran konvensional), hanya terdapat 7 peserta didik yang tuntas dengan persentase 58,33% dan 5 orang peserta didik tidak tuntas. Setelah dilakukan pembelajarn menggunakan media powtoon, terdapat peningkatan persentase hasil belajar. Yaitu menjadi 75% dengan ketuntasan belajar pada 9 orang dan 3 orang tidak tuntas. Setelah dilakukan refleksi terhadap  siklus 1, penelitian belanjut pada siklus 2 dengan peningkatan persentase menjadi 83,33% atau 10 peserta didik tuntas dan 2 peserta didik tidak tuntas dengan rata-rata 87,58. Data tersebut terbukti telah mencapai indikator ketuntasan dengan standar KKM 75 dan presentase nilai klasikal 85%.

Kata Kunci: Media Video Motion Graphic, Powtoon, Hasil Belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-27
Bagaimana cara mengutip:
Nandalawi, N. (2024). Penggunaan Media Video Motion Graphic (Powtoon) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1269-1275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.921
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 43 times
pdf downloaded: 37 times

Referensi

Ardaningsih, Luh Ayu Novi & Adnyayanti, Ni L.P.E. (2022). “The Use of Powtoon as the Learning Media in Teaching English in Elementary School”. JoES: JOURNAL OF Education Study, 2(1), 105-110. https://dx.doi.org/10.36663/joes.v2i1.267

Apsari, Niken N.L.P, Santosa, Made Hery, dkk. (2023). Acitya: Journal of Teaching & Education, 5(2), 384-397.

Bahtraedu, “Media Pembelajaran Powtoon”, diakses dari http://bahtra12.blogspot.com/2015/04/media-pembelajaran-powtoon.html?m=1

Busyaeri, Akhmad, dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116-137. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Diajeng Anita, Ria & Fitri Marisa, (2017). Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2d Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. Journal Of Information Technology And Computer Science (Jointecs), 1(2), 1-5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.417

Harinaldi. (2005). Prinsip-prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains, Jakarta: Erlangga

Hakim, Thursan. (2009). Belajar secara efektif, Niaga Swadaya

Herlina, Vivi. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Indra, Made & Ika Cahyaningrum. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Deepublish

Kompas.com, “Ah, Pengajaran Guru Masih Membosankan”, diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2010/05/25/11123511/Ah..Pengajaran.Guru.Masih.Membosankan

Lubis, Suwardi. Pandangan Al-Quran Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi, Diakses Dari Https://Suwardilubis.Blogspot.Com/2015/12/Pandangan-Al-Quran-Terhadap.Html

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mutia. (2007). Teknologi Dalam Al-Qur'an. Islam Futura, 6(2), 70-77. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v6i2.3048

Nurdin, Ismail, & Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Nasrudin, Juhana. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian). Bandung: PT. Panca Terra Firma

Prihatin, Eka. (2008). Guru Sebagai Fasilitator, Bandung : PT. Karsa Mandiri Persada

Prayitno, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan, Grasindo

Riyana, Cepi. (2012). Model Pembelajaran, Jakarta Pusat: Kemenag RI

Rusman. (2017). Belajar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pedidikan, (Jakarta : Prenadamedia Group), cet. 1

Suyono. (2018). Analisi Regresi untuk Penelitian, Yogyakarta: Deepublish

Satiadarma, Monty P, dkk. (2013). Rahasia Ketangguhan Mental Juara Christian Hadinata, Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana

Seaman, Charbel & ismail Nour, (2018). The Effect of using Powtoon on Learning English as a Foreign Languange. International Journal of Current Research, 10(5), 69262-69265.

Suryani & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Jakarta: Prenadamedia

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method, Ed. 2, Cet. 3, Depok : Rajawali Pers,

Wikipedia, ”Peserta Didik”, diakses dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/peserta_didik pada 27 November 2019

Zulfikar, I. Nyoman Budiantara. (2014). Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika, Yogyakarta: Deepublish

Kompas.com, “Ah, Pengajaran Guru Masih Membosankan”, diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2010/05/25/11123511/Ah..Pengajaran.Guru.Masih.Membosankan

Ilham, Mughnifar. “Pengertian Video – Jenis-jenis dan Fungsi Video (Lengkap)”, diakses dari https://materibelajar.co.id/pengertian-video/

Om.makplus, “Definisi atau Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli”, diakses dari http://www.definisi-pengertian.com/2015/10/definisi-pengertian-media-pembelajaran-ahli.html?m=1

Bahtraedu, “Media Pembelajaran Powtoon”, diakses dari http://bahtra12.blogspot.com/2015/04/media-pembelajaran-powtoon.html?m=1, diakses pada 27 November 2019

Wikipedia, ”Peserta Didik”, diakses dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/peserta_didik pada 27 November 2019

Referensi: https://tafsirweb.com/5592-quran-surat-al-anbiya-ayat-80.html

Https://kalam.sindonews.com/surah/21/al-anbiya/80