Implementasi Supervisi Klinis Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul

  • Hariyono Hariyono SD Nogosari, Selopamioro, Imogiri, Bantul, DIY,  Indonesia

Abstrak

Guru merupakan pendidik profesional. Untuk melaksanakan tugasnya dalam mendidik siswa, guru harus memiliki kompetensi yang memadai. Guru yang memiliki kompetensi baik tentunya juga lebih mampu melaksanakaan pembelajaran dengan baik, khususnya pada kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran. Masih ada permasalahan terkait dengan prestasi mengajar guru. Guru masih memiliki kompetensi pedagogik pembelajaran yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi supervisi klinis sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul, dan (2) untuk meningkatkan implementasi supervisi klinis sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul Tahun pelajaran 2017/2018. Pegumpulan data dilakukan melalui observasi. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif. Supervisi klinis dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu tahap pertemuan awal, obervasi, dan pertemuan akhir. Setelah pelaksanaan peneltian tindakan sebanyak 2 siklus terjadi peningkatan pada kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran guru. Hasil penilaian kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran guru sebelum pelaksanaan tindakan belum mencapai batas nilai minimal pada mayoritas guru. Setelah siklus I, ketuntasan yang diperoleh adalah sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata sebesar 72,38. Pada siklus I, nilai terendah adalah 64,29 dan nilai tertinggi 82,38. Hal ini belum sesuai dengan yang diharapkan karena hasil yang diharapkan sekurang-kurangnya ketuntasan yang diharapkan > 80%, dengan nilai guru > 68,75. Pada siklus II, ketuntasan yang diperoleh adalah sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 81,13. Nilai terendah 77,62 dan nilai tertinggi 89,52. Hal ini sudah sesuai dengan yang diharapkan karena hasil yang diharapkan seudah mencapai ketuntasan yang diharapkan > 80%, dengan nilai guru > 68,75.

Kata Kunci: kompetensi kepala sekolah, supervisi akademik, telaah dokumen dan pembimbingan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Hariyono, H. (2019). Implementasi Supervisi Klinis Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 35-43. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.92
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 188 times
PDF downloaded: 460 times