Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi terkait Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Al-hidayah Cinangka Sawangan Depok. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara, Pertama, wawancara. Peneliti menggunakan wawancara yang sifatnya semi struktur. Wawancara semi struktur sendiri memiliki tujuan untuk menggali segala bentuk permasalahan secara lebih terbuka, di mana semua pihak yang menjadi objek wawancara akan diminta pendapat serta ide-ide yang dimilikinya. Untuk mendapat data, peneliti fokus mendengarkan serta mencatat segala apa yang dikeluarkan oleh objek yang sedang diwawancarainya. Lalu yang kedua ini adalah studi dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini bertujuan untuk merekam semua data dari hasil wawancara yang telah dilakukan bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan dan sedang berlangsung. Namun, di dalam penerapannya terdapat kendala serta masih mencoba untuk mengefektifkan kembali penerapan kurikulum merdeka ini dengan kurikulum sebelumnya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Septi Amanda, Hindun Hindun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.