Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs

  • Septi Amanda UIN Syarif Hidayatullah, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Hindun Hindun UIN Syarif Hidayatullah, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi terkait Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Al-hidayah Cinangka Sawangan Depok. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara, Pertama, wawancara. Peneliti menggunakan wawancara yang sifatnya semi struktur. Wawancara semi struktur sendiri memiliki tujuan untuk menggali segala bentuk permasalahan secara lebih terbuka, di mana semua pihak yang menjadi objek wawancara akan diminta pendapat serta ide-ide yang dimilikinya. Untuk mendapat data, peneliti fokus mendengarkan serta mencatat segala apa yang dikeluarkan oleh objek yang sedang diwawancarainya. Lalu yang kedua ini adalah studi dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini bertujuan untuk merekam semua data dari hasil wawancara yang telah dilakukan bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan dan sedang berlangsung. Namun, di dalam penerapannya terdapat kendala serta masih mencoba untuk mengefektifkan kembali penerapan kurikulum merdeka ini dengan kurikulum sebelumnya.

Kata Kunci: penerapan, kendala, kurikulum merdeka

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Amanda, S., & Hindun, H. (2024). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1735-1739. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.857
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 15 times
PDF downloaded: 7 times

Referensi

Ainia, D K. (2020a). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 96. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525.

Ainia, D K. (2020b). Reaktulialisasi Konsep Merdeka Belajar Ki Hadjar Dewantara Dalam Menghadapi Tatanan Kehidupan New Normal Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin, 3(1), 387-388. https://jurnal.yapri.ac.id/index.php/semnassmipt/article/download/141/170.

Atmazaki, A. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), Dan Penilaian Otentik. International Conference on Languages and Arts. 15-16. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/isla/article/view/3962.

Bustari, M, and M R N Putri. (2023). Opportunities and Challenges of Kurikulum Merdeka Implementation at Sekolah Alam Bukittinggi. Experimental Student, 1(6), 539. https://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/ESE/article/view/263.

Cucu, S. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Pasuruan: IKAPI/CV Qiara Media.

Dewi, F., Halimah, S., & Haidir, H. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Kurikulum Merdeka: Studi Fenomenologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1297-1304. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1082

Fitriani, L, R Refianti, & Y Yanto. (2023). Systematic Literature Review: Desain Modul Dengan Pendekatan PMRI Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://ejournal.papanda.org/index.php/jp/article/view/397.

Moleong, L J. (2005). Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, A. (2017). Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia.

Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678-682. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877

Oktavia, F T A, and K Qudsiyah. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMK Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic, 4(1). https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/edumatic/article/view/685.

Prabawati, P. L. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Implementasi Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka pada Siswa SD Ditinjau dari Teori Konstruktivisme. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 432-438. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.864

Putri, R S. (2023). Konsep Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Filsafat Kontruktivisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 68. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6939.

Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. digilib.unigres.ac.id. https://digilib.unigres.ac.id/index.php/index.php?p=show_detail%5C&id=966%5C&keywords=.

Ulinniam, H, U C Barlian, and Y Iriantara. (2021). Implementation of the 2013 Revised Curriculum during the Pandem Period at SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Indonesian Journal of Education.

Yuhastina, Y, B N Parahita, D Astutik, G Ghufronudin, and Purwanto. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing ‘Merdeka Belajar’ Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732. https://society.fisip.ubb.ac.id/index.php/society/article/view/234.