Integrasi Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam Konteks Penilaian Pembelajaran Sekolah

  • Ikhlasul Amal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pendekatan yang sering digunakan untuk menilai seorang pendidik diperlukan agar sesuai dengan apa yang diharapkan. Diharapkan dengan pemahaman yang baik tentang konsep penilaian, guru akan mampu menyesuaikan dan mengevaluasi keterampilan siswa sesuai dengan kebutuhannya yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas pengintegrasian Penilaian Patokan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam pengajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus di SD Negeri Warungboto Kecamatan Umbulharjo Kota Jogyakarta. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis deskripsif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1). Masih kurangnya pemahaman mengenai paradigma integrasi Penilaian Patokan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN). pelaksanaan penilaian dengan Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN) belum dilakukan secara menyeluruh, terbuka, jujur, dan komprehensif, sehingga guru masih memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan pengembangan profesionalisme guru, kolaborasi antar teman guru, update penggunaan teknologi, penyesuaian kurikulum, pengembangan alat penilaian yang efektif serta penerapan feedback dan refleksi berkelanjutan. 2). Masih diperlukan kebutuhan akan pelatihan lebih lanjut bagi guru, serta penanganan permasalahan guru seperti beban kerja dan tekanan penilaian.

Kata Kunci: Integrasi, PAP, PAN

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-05
Bagaimana cara mengutip:
Amal, I. (2024). Integrasi Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam Konteks Penilaian Pembelajaran Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1373-1380. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.854
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 92 times
PDF downloaded: 59 times

Referensi

Ajrina, N., Hermita Hasibuan, L., Nurul Azmi Batubara, A., Kamila Hasri, R., Isnawan, K., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Kurikulum terhadap Evaluasi Pendidikan di Sekolah. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 38–42.

Aliyani, D. N. A., Dayanti, F., & Mukaffa, Z. (2021). Implementasi Pendekatan Penilaian Acuan Normatif (PAN) Dan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP) Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI Sma Gema 45 Surabaya). AT-TA’LIM : Media Informasi Pendidikan Islam, 20(2), 183–191. https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i2.4953.183

Billah, M. F., & Pap, P. A. P. (2021). ANALISIS PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST MENGACU PENDEKATAN ACUAN PATOKAN (PAP) KELAS 2C DI MI AL HIDAYAH TARIK SIDOARJO.

Budiyanto, W. G. (2016). Penilaian Dan Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Pedagogik Kelompok Kompetensi H. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Seni Dan Budaya, Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–77.

Cholifah Tur Rosidah, Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159

Facade, T., & Paul, S. (2020). Konsep Dasar Asesmen. Heritage, April, 1–9.

Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran Di Sd Dan Mi Perencanaan Dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik. Jakarta, 227.

Mulyoso, H. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2013). Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Rahajeng, L., Pendidikan, M., Kristen, A., Indonesia, U. K., Artikel, I., Standards, A., & Education, C. R. (2023). Implikasi Standar dan Jenis Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Gereja. 2(3), 289–297. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1588

Sinaga, D. (2019). PEMBELAJARAN EVALUASI PENGUKURAN Disusun oleh. 1–43.

Solichin, M., & Fujirahayu, F. (2018). Problematika Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 88–113.