Gambaran Pembelajaran Berbasis Developmentally Appropriate Practice (DAP) di Sekolah Dasar
Abstrak
Peserta didik adalah masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan. Dimasa depan mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan menjalankan roda pemerintahan sebagai pemimpin. Sehingga fokus utama dalam pengajaran di dalam kelas seharusnya menolong siswa berkembang dan belajar sesuai dengan perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai pembelajaran berbasis Developmentally Apropriate Practices (DAP) di salah satu sekolah dasar swasta Binong, Tangerang. Untuk menggambarkan pembelajaran tsb digunakan 2 indikator yaitu keyakinan (believe) guru tentang peserta didik dan praktek pembelajaran di dalam kelas. Metode penelitian menggunakan studi kasus yang berfokus di kelas 1 SD dengan subyek wali kelas. Instrumen yang digunakan yaitu angket, panduan wawancara, lembar ceklish dan lembar observasi kegiatan kelas berbasis DAP. Hasil didapati kesesuaian antara keyakinan guru tentang siswa dengan prinsip DAP, namun dalam prakteknya, guru belum optimal untuk mempraktekan DAP dalam proses pembelajaran. Saran bagi guru yaitu diperlukan usaha untuk meningkatkan kompetensi prosesional sebagai guru untuk mencari pengetahuan mengenai karakteristik perkembangan anak, pendekatan atau metode mengajar yang sesuai dengan konteks, dsb. Saran bagi sekolah memberikan fasilitas yang memadai baik bagi guru maupun siswa, memberikan pembinaan bagi dan juga mengatifkan peran sebagai pengawas di sekolah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Ganda Sari, Bertha Natalina Silitonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

