Gambaran Pembelajaran Berbasis Developmentally Appropriate Practice (DAP) di Sekolah Dasar

  • Ganda Sari Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten,  Indonesia
  • Bertha Natalina Silitonga Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Peserta didik adalah masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan. Dimasa depan mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan menjalankan roda pemerintahan sebagai pemimpin. Sehingga fokus utama dalam pengajaran di dalam kelas seharusnya menolong siswa berkembang dan belajar sesuai dengan perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai pembelajaran berbasis Developmentally Apropriate Practices (DAP) di salah satu sekolah dasar swasta Binong, Tangerang. Untuk menggambarkan pembelajaran tsb digunakan 2 indikator yaitu keyakinan (believe) guru tentang peserta didik dan praktek pembelajaran di dalam kelas. Metode penelitian menggunakan studi kasus yang berfokus di kelas 1 SD dengan subyek wali kelas. Instrumen yang digunakan yaitu angket, panduan wawancara, lembar ceklish dan lembar observasi kegiatan kelas berbasis DAP. Hasil didapati kesesuaian antara keyakinan guru tentang siswa dengan prinsip DAP, namun dalam prakteknya, guru belum optimal untuk mempraktekan DAP dalam proses pembelajaran. Saran bagi guru yaitu diperlukan usaha untuk meningkatkan kompetensi prosesional sebagai guru untuk mencari pengetahuan mengenai karakteristik perkembangan anak, pendekatan atau metode mengajar yang sesuai dengan konteks, dsb. Saran bagi sekolah memberikan fasilitas yang memadai baik bagi guru maupun siswa, memberikan pembinaan bagi dan juga mengatifkan peran sebagai pengawas di sekolah.

Kata Kunci: perkembangan peserta didik, Developmentally Appropriate Practices, sekolah dasar, usia sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Sari, G., & Silitonga, B. N. (2024). Gambaran Pembelajaran Berbasis Developmentally Appropriate Practice (DAP) di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 408-415. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.849
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 320 times
PDF downloaded: 179 times

Referensi

Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07

Dindin, L. A. M. (2012). Developmentally Appropriate Practice (DAP) : Penerapannya Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar. http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_%28KD-TASIKMALAYA%29-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Developmentally%20Appropriate%20Practice%20%28AP.pdf

Dirna, F. C. (2022). Pengaruh Suasana Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SLB Negri Banyuasin. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v2i1.42

Duchesne, S. M. A. (2016). Educational Psychology for Learning and Teaching (5th ed.). National Library of Australia Cataloguing-in-Publication Data.

Efendy, M., Murwani, D., Hitipeuw, I., & Rahmawati, H. (2021). Motivasi Berprestasi Siswa di Sekolah, Bagaimana Peran Relasi Guru dan Siswa? In Jurnal Psikologi Konseling, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.29301

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 25–34.

Gestwicki, C. (2016). Developmentally Appropriate Practices: Curriculum and Education. 6th edition. In Curriculum: Vol. Sixth Edit (Issue Cengage Learning, p. 138).

Hayden, J. (2021). Implementing Develomentally Appropriate Practices (Dap) In The Preschool Environtmental.

Hernawati. (2016). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Berorientasi Perkembangan. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia, 16(2), 111–118. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/4227

Hidayat, I. (2007). Peranan Keyakinan Guru Terhadap Hakikat Dan Belajar Mengajar Sains Terhadap Pengembangan Profesionalisme. https://eprints.uny.ac.id/4862/1/peranan_keyakinan_guru.pdf

NAEYC. (2009). Developmentally Appropriate Practice In Early Childhood Program Serving Children Form Birth Throug Age 8.

NAEYC. (2020). Developmentally Appropriate Practice National Association For The Eduction Of Young Children Position Statement.

Nurhidayah;B, I. (2020). Analisis Kualitatif Hubungan Budaya Kerja Organisasi Dengan Opini Audit. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 505–516. https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v4n2.303

Oktira Diyanti, A., Budiarto Amiuza, C., & Mustikawati, T. (2014). Lingkungan Ramah Anak Pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. Jurnal RUAS, 12(20), 54-68. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2014.012.02.6

Papalia, D. E. M. G. (2021). Experience Uman Develpmet 14E (Vol. 14e). McGraw-Hill Education.

Rahardjo, H. M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitain Kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sudirman, S., Sarjan, M., Rokhmat, J., Hamidi, H., Muliadi, A., Azizi, A., Fauzi, I., Yamin, M., Muttaqin, Muh. Z. H., Rasyidi, M., Ardiansyah, B., Khery, Y., & Rahmatiah, R. (2022). Praktik Penilaian Guru Pendidikan Sains Antara Keyakinan Atau Pengetahuan Guru? Perspektif Filsafat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 2018–2025. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.889

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru Dan Dosen. (n.d.).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Utsman. (2016). Evaluasi Praktek Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Teori Developmentally Appropriate Practice. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 1(1).

Wahyuningsih, D., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Persada, S., Sintang, K., Pertamina, J., & Km, S. (2018). Model Pembelajaran Bcct Bagi Anak Usia Dini Sesuai Dengan Tahap Perkembangan, 3(1), 58-69.

Yhunanda; Yoenanto, N. H. N., & Nur, A. F. (2023). Strategi Pembelajaran Guru Yang Efektif Dalam Perspektif Prinsip Dap (Developmentally Appropriate Practice) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 2442–9511. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4436/http

Yuniastuti, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Tari Gantar Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Konsep Developmentally Appropriate Practice (DAP) dI TK Kartika V-66 Balikpapan Tahun Pelajaran 2014-2015. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 32–41.