Penerapan Fungsi Manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, And Controlling) dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

  • Asni Asni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Dwi Dasalinda Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Dini Chairunnisa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Keberhasilan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dapat dilihat dari berbagai faktor salah satunya adalah penerapan manajemen Bimbingan dan Konseling di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC) dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling di Jakarta Selatan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling, karena sampel yang digunakan mengambil seluruh anggota populasi yang akan dijadikan sampel dengan jumlah 150 orang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan fungsi manajemen POAC pada layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah berada pada kategori sedang dan juga terjadi pada data partialnya, dimana terdapat berbagai faktor yang harus dikembangkan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Kata Kunci: Fungsi manajemen, POAC, Bimbingan dan Konseling

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-30
Bagaimana cara mengutip:
Asni, A., Dasalinda, D., & Chairunnisa, D. (2023). Penerapan Fungsi Manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, And Controlling) dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 357-364. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.840
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 2381 times
PDF downloaded: 946 times

Referensi

Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 167–175.

Amalianita, B., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Penerapan sistem pendidikan disentralisasi serta upaya peningkatan mutu layanan dengan pengembangan profesionalisme guru bimbingan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 9–14.

Anas, Z., Haryansyah, S. E., Santoso, F., & Sutinah, S. (2022). Pengaruh implementasi fungsi-fungsi manajemen terhadap kinerja pegawai di SMK Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Kabupaten Sampang. Journal of Management and Digital Business, 2(1), 1–12.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Bayan, M. A. K. (2021). Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling di MTs NU TBS Kudus. Konseling Edukasi: Journal Of Guidance and Counseling, 5(1), 104–121.

Christa, U., & Kristinae, V. (2021). The effect of product innovation on business performance during COVID 19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 9(1), 151–158.

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC terhadap kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan tertentu. Warta Dharmawangsa, 50.

Fauzi, G. R., Maryani, N., Kholik, A., Haris, R., & Priyanto, A. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 81–93.

Gaol, P. L. (2021). Implementation of performance management in Artificial Intelligence system to improve Indonesian human resources competencies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 717(1), 12010.

Ginting, M., Hasibuan, A. D., & Jamil, A. (2017). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sma Melati Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 6(4), 7–22.

Gysbers, N. C. (2001). School guidance and counseling in the 21st century: Remember the past into the future. Professional School Counseling, 5(2), 96.

Hanafi, A. (2017). Menejemen Organisasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Sekolah (focus solusi terhadap problematik pengelolaan bimbingan dan konseling di sekolah). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(02), 170–183.

Henry, J. A., Zaugg, T. L., Myers, P. J., Kendall, C. J., & Turbin, M. B. (2009). Principles and application of educational counseling used in progressive audiologic tinnitus management. Noise and Health, 11(42), 33–48.

Hifsy, I. (2022). Implementasi Manajemen Bimbingan dan konseling (POAC) untuk Pelayanan Bimbingan Konseling yang Efektif. Education & Learning, 2(2), 74–78.

Holman, L. F., & Grubbs, L. (2018). Examining the theoretical framework for the unique manifestation of burnout among high school counselors. Journal of Counselor Preparation and Supervision, 11(1), 12.

Indonesia, R. (n.d.). Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Jarkawi, J., Prasetia, M. E., & Mahfuz, M. (2019). Pelatihan Manajemen Strategi Mutu Layanan Bimbingan Dan Konseling Berorentasi Public Trust Pada SMK di Kota Banjarmasin. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 122–132.

Mimhamimdala, F., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2023). POAC Plus Sebagai Solusi Permasalahan Manajamen BK Di Sekolah. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 424–432.

Moyer, M. (2011). Effects of Non-Guidance Activities, Supervision, and Student-to-Counselor Ratios on School Counselor Burnout. Journal of School Counseling, 9(5), n5.

Myrick, R. D. (1987). Developmental guidance and counseling: A practical approach. ERIC.

Narindro, L., Hardyanto, W., Raharjo, T. J., & Utomo, C. B. (2020). Analysis of Implementation of POAC Model and Management Information System for Academic Performance. International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), 493–497.

Petrides, L. A., & Nodine, T. R. (2003). Knowledge management in education: defining the landscape.

Rachmawati, U. (2013). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Tanpa Alokasi Jam Pembelajaran Di Sman 3 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(1).

Safri, H., & Kasran, M. (2016). Pengaruh Penerapan Fungsi–fungsi Manajemen Terhadap Kinerja Guru Pada SDN 143 Arusu Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 1(1).

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43–52.

Saidah, S. (2014). Implementasi Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5, 56520.

Sallis, E. (2014). Total quality management in education. Routledge.

Sallis, E., & Jones, G. (2013). Knowledge management in education: Enhancing learning & education. Routledge.

Santoso, T., Yoto, Y., & Nurhadi, D. (2021). Learning Teaching Factory Reviewed from POAC Management on the Competence of Engineering and Motorcycle Business Expertise SMK. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 10951–10965.

Saylor, R. H. (1976). Managing Competency‐Based Preparation of School Counselors. Counselor Education and Supervision, 15(3), 195–199.

Sudibyo, H. (2019). Kinerja Guru BK dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 36–40.

Syam, Z. (2018). Hubungan Penerapan Fungsi Manajemen terhadap Kinerja Pegawai di Puskesmas Antang Kota Makassar Tahun 2018. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Tere, M. I. (2021). Asesmen Kebutuhan Sebagai Dasar Perencanaan Program Bimbingan Pribadi Berbasis Multikultural Di SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(01).

Thompson, D. L., & Borsari, L. R. (1977). An overview of management by objectives for guidance and counseling services. The School Counselor, 25(3), 172–177.

Toquero, C. M. (2020). Challenges and opportunities for higher education amid the COVID-19 pandemic: The Philippine context. Pedagogical Research, 5(4).

Worzbyt, J. C., & Zook, T. (1992). Counselors who make a difference: Small schools and rural settings. The School Counselor, 39(5), 344–350.