Seru dan Edukatif: Kahoot Pendidikan Pancasila untuk Semua

  • Krisna Kumalasari SD Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sutrisna Wibawa Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan globalisasi yang semakin pesat ini memicu perkembangan pendidikan dalam bidang teknologi yang semakin maju. Dalam bidang pendidikan kegiatan terdapat suatu adaptasi kegiatan belajar terhadap perkembangan teknologi. Berdasarkan hal tersebut, tentu peranan media pembelajaran juga dibutuhkan dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian adalah menganalisis terkait penerapan aplikasi Kahoot dalam pendidikan pancasila untuk terciptanya sebuah pembelajaran yang seru dan edukatif. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil implementasi yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Pengasih pada tanggal 20 November 2023 hingga 1 Desember 2023 memaparkan Kahoot dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Sebagai simpulan, media Kahoot dapat digunakan dalam menunjang kegiatan pembekajaran yang seru dan edukatif yang di implementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Pembelajaran yang dilakukan didalam kelas dapat digunakan media berbasis ICT seperti Kahoot. Sebab, penggunaan dari media Kahoot memiliki kemudahan dalam pengaksesan, sehingga secara tidak langsung akan memiliki dampak terhadap peningkatan motivasi peserta didik. Inovasi dalam pembelajaran tentu dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran agar tercipta suatu pembelajaran yang baik dan memiliki keterkaitan dengan peranan teknologi yang semakin canggih.

Kata Kunci: edukatif, Kahoot, pendidikan Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-03
Bagaimana cara mengutip:
Kumalasari, K., & Wibawa, S. (2024). Seru dan Edukatif: Kahoot Pendidikan Pancasila untuk Semua. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 393-399. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.830
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 85 times
PDF downloaded: 60 times

Referensi

Aima, Z., Yunita, A., & Febriana, R. (2023). Pelatihan Membuat Soal Matematika Secara Daring Menggunakan Aplikasi Kahoot. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2487

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Prosiding the 5th International Conference on Indonesia Studies: “Ethnicity and Globalization,” 362–371.

Ardita, C., Salsabila, U., Syarofah, A., Pahlevie, M. S., Rizky, M., & Risam, N. (2021). Lisyabab Jurnal Studi Islam dan Sosial Peran Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(2), 2722–8096. https://lisyabab-staimas.e-journal.id/lisyabab

Azmi, S., Amrullah, A., Baidowi, B., Kurniati, N., & Kurniawan, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif Menggunakan Ispring Suite dan Kahoot Bagi Guru-Guru SMAN 2 Gerung Lombok Barat. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i1.309

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Diyati, H., & Muhyadi, M. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Budaya Sekolah Di SDN Kwayuhan, Kecamatan Minggir, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 28–43. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2407

Enramika, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Keterampilan pendidik abad 21. Integration of Language and Education in Shaping Islamic Characters, 2(2), 563–572.

Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675–1688. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699

Muhammad, Y. M., & Tetep. (2018). Implementation Of Kahoot Application to Improving of Interest of Civic Education Learning (Experimental Research In Class Xi Of Sma Negeri 1 Garut). Journal Civics & Social Studies, 2(1), 75–92.

Mustafa, P. S., & Suryadi, M. (2022). Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 767–793. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2130

Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 82–88.

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.29210/1202121176

Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 129–136.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. Alfabeta.

Sukmawati, Jamaluddin, Wahida, P., Wanda, Fahril, Minarni, Mudatsir, M., Nurhikma, Rifky, M., & Rahmayani, A. (2022). Pemanfaatan Media ICT “Kahoot” Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PKn. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 770–777.

Sulistiawati, S., Mulyati, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Pengembangan bahan ajar media kahoot untuk pembelajaran PKn materi keberagaman kelas IV sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 144–156.

Suryana, G. A. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot! sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Mata Pelajaran PKn. Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.56393/mindset.v2i2.1134

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113