Pendekatan Berdeferensiasi Proses dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar

  • Herawati Aisyah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran termasuk kurikulum dan pendekatan yang dilaksanakan harus terus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Guru perlu mengetahui setiap anak punya karakteristik dan gaya belajar masing-masing, sehingga guru dapat menentukan pendekatan yang tepat untuk proses belajarnya. Pendekatan yang tepat dalam perspektif merdeka belajar saat ini adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang memungkinkan siswa mengambil peran secara lebih aktif dalam proses pembelajaran dan keleluasaan menggunakan gaya belajarnya sendiri untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan. Pendekatan ini tepat jika diterapkan pada pembelajaran IPS, pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran berkaiatan antara manusia dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Melalui pendekatan pembelajaran yang berdiferensiasi ini, siswa dapat memfokuskan potensi dan keterampilannya dan guru dapat memfasilitasi pembelajaran siswa dengan menyesuaikan kebutuhan belajar pada siswa sehingga memaksimalkan potensi dan keterampilannya.

Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Sekolah Dasar, Pembelajaran IPS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Aisyah, H., Nasution, N., & Dewi, U. (2024). Pendekatan Berdeferensiasi Proses dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 439-443. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.828
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 264 times
PDF downloaded: 221 times

Referensi

Breaux, E., & Magee, M. 2010. “How the Best Teacher Differentiate Instruction.” Eye on Education.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. 2019. “Literatur Review: Panduan Penulisan Dan Penyusunan.” Jurnal Keperawatan.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.” Jurnal Basicedu 6(2), 2846.

Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3), 250-.

Fox, J., & Hoffman, W. 2011. “The Differentiated Instruction Book of Lists.”

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 3(3), 636-.

Iskandar, Dedi. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas IX . A SMP Negeri 1 Sape.”

Kamal, Syamsir. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai.” JULAK : Jurnal Pembelajara dan Pendidik 1(1): 89–1.

Kemendikbud Ristek. 2011. “Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar.”

Ngaisah, N. C., & Aulia, R. 2013. “Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 9(1), 1–25.

Siska, Y. 2016. “Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI.” Garudhawaca.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. 2022. “Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Harmony 7 (2).

Suwartiningsih, S. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39%0A%0A.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. 2013. “Sessment and Student Success in a Differentiated Classroom.” VA: ASCD.

Tomlinson, C. A. 2017. “How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms.” VA: ASCD.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04), 529.

Yuniati, T., & Sidiq, M. F. 2020. “Literature Review: Legalisasi Dokumen Elektronik Menggunakan Tanda Tangan Digital Sebagai Alternatif Pengesahan Dokumen Di Masa Pandemi.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 4 (6). https://doi.org/10.29207/resti.v4i6.2502.