Pengembangan Lembar Kerja Interaktif Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Fotosintesis

  • Zamilah Zamilah Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Ely Djulia Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia,  Indonesia
  • Khairiza Lubis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif berbasis literasi sains merupakan alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini fokus pada pengembangan LKPD interaktif berbasis literasi sains pada materi fotosintesis. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis validitas dan efektivitas LKPD interaktif berbasis literasi sains dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa, serta (2) menganalisis hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik selama menggunakan LKPD interaktif berbasis literasi sains. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri atas analisis, perancangan produk, pengembangan produk, implementasi produk, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII-6 SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi oleh validator, data hasil kemampuan berpikir kritis berdasarkan observasi oleh observer dan data hasil pretes dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD interaktif yang dikembangkan memiliki validitas sangat tinggi, baik dari segi media sebesar 95,24% maupun dari segi materi sebesar 85,81%. LKPD interaktif dikategorikan efektif digunakan dalam melatih kemampuan berpikir kritis dengan persentase 63%. (2) Hasil pretest dan posttest menunjukkan perbedaan signifikan dengan nilai N-gain sebesar 0,6 mengindikasikan peningkatan kategori sedang, dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 93%. Dengan demikian, LKPD interaktif berbasis literasi sains pada fotosintesis ini terbukti valid dan efektif dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Kata Kunci: Fotosintesis, Kemampuan berpikir kritis, Literasi sains, LKPD interaktif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-20
Bagaimana cara mengutip:
Zamilah, Z., Djulia, E., & Lubis, K. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Interaktif Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Fotosintesis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 294-304. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.821
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 381 times
PDF downloaded: 243 times

Referensi

Aldi S, Adnan & Ismail. (2022). Biology Learning Profile with Electronic Student Worksheets Based on Science Process Skills: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(3), 01 – 08. DOI: http://dx.doi.org/10.24114/jpb.v11i3.34520

Arianti, W. D., Yuliani, Y. & Dewi, S. K. (2018). Validitas dan kepraktisan lkpd berbasis guided inquiry pada materi fotosintesis kelas XII IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(3), 459-467. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Bassham, G. (2011). Critical thinking: A student’s introduction. New York, NY: McGraw-Hill Connect Learn Succeed.

Budiastra, A.A. (2015). The development of measurement tools for senior high school students’ critical thinking skills in chemistry. Int. J. Adv. Res. Manag. Soc. Sci. 4: 108–121. ISSN: 2278-6236

Bybee, R., McCrae, B., & Laurie, R. (2009). PISA 2006: An assessment of scientific literacy. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 46(8); 865-883. DOI 10.1002/tea.20333

BSNP. (2014). Permendikbud Nomor 59 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kajian Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Depdiknas: Jakarta.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership. 43(2), 44-48.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: The California Academic Press, Millbrae: CA. 45-56.

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510-522. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education. Research Association's Division. D, Measurement and Research Methodology.

Harsanto, B. (2017). Panduan E-learning Menggunakan Google Sites. Bandung: Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Lekkas: Bandung.

Komariah, A., & Triatna, C. 2016. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara: Bandung.

Khoirunnisa, F., & Sabekti, A. W. (2020). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 26-31. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.25635

Muna, I. A. (2012). Miskonsepsi Materi Fotosintesis dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 201-214. DOI : 10.21154/cendekia.v10i2.411

Munthe, E. M. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Momentum Dan Impuls Dikelas X Semester II SMA Negeri 15 Medan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, (tidak dipublikasikan). UNIMED.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2) 155-158. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Kanada. OECD.

OECD. (2022). PISA Results. Volume 1{diakses online}. https://www.oecd.org/pisa/

Paul, R., & Elder, L. (2005). Critical Thinking Competency Standards. Foundation for Critical Thinking.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1) 17-25. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Rahmawati. L. K, Muh. Waskito Ardhi, R. Bekti Kiswardianta. (2023). Effect of Reciprocal Teaching on Human Reproductive System Material on Critical Thinking Ability of Class XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(3), 09–16. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v11i3.38253

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Rifi, S., Armen., & Helendra, (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis Pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Biosains, (1), 277-84.

Sanatang. Lamada., M. Rahayu., N & Dewi., S., S (2021) Pelatihan Literasi Digital Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Makassar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakatm 1(2).

Thomas, A., & Thorne, G. (2009). How to increase higher level thinking | center for development and learning. The Center for Learning and Development. {Diakses: online}. http://www.cdl.org/articles/how-to-increase-high-order-thinking/

Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK. Kegiatan Pengabdian Masyarakat FMIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Zubaidah, S., & Khasanah, U. (2013). Penerapan Metode Inkuiri dan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 17(2).

Zuhriyah, M., Yuliani, Y., & Dewi, S. (2019). Kelayakan Lkpd Berbasis Learning Cycle 7E Materi Fotosintesis Dan Respirasi Untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah. BioEdu, 8(2), 219-221. ISSN: 2302-9528