Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka

  • Iin Kartini Universitas Negeri Medan, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Lisa Rahmadani Pohan Universitas Negeri Medan, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Putri Alawiyah A Lubis Universitas Negeri Medan, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Sischa Monika Lumban Toruan Universitas Negeri Medan, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pentingnya pemahaman konsep matematika bagi siswa dan mengidentifikasi hambatan utama yang dihadapi siswa dalam memahami konsep dasar matematika. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah studi pustaka dengan fokus pada teori-teori belajar, khususnya teori belajar behavioristik yang diajukan oleh Pavlov dan Skinner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep matematika memiliki peranan krusial dalam memungkinkan siswa mengatasi tantangan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika, termasuk dalam mengidentifikasi informasi yang relevan, menerapkan rumus, dan menyusun langkah-langkah penyelesaian secara sistematis.Solusi yang diusulkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang secara efektif mengajak siswa untuk menganalisis, menilai, dan menyintesis informasi untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, pendekatan behavioristik, sebagaimana diusulkan oleh Pavlov dan Skinner, dapat diterapkan dengan memberikan penguatan positif terhadap perilaku yang diinginkan. Temuan penelitian juga menyoroti bahwa gabungan antara teori belajar behavioristik dan teori belajar kognitif bermanfaat dalam meningkatkan prestasi belajar matematika, terutama dalam pemahaman konsep pecahan.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Problem Based Learning, Pavlov, Skinner

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-19
Bagaimana cara mengutip:
Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256-263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 228 times
PDF downloaded: 207 times

Referensi

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Angraini, L., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik : literature review. Bio-Pedagogi, 11(1), 42. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v11i1.62436

Dirman. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajar yang Mendidik. PT. Rineka Cipta.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Kodir. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. CV. Pustaka Setia.

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45–54. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1253

Nasution, M. (2015). Teori Pembelajaran Matematika Menurut Aliran Psikologi Behavioristik (Tingkah Laku). Logaritma, 3(1), 113. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/143/1/8. Mariam Nasution-min.pdf

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Santrock, J. W. (2021). Psikologi pendidikan. Salemba Humanika.

Setiawan, H. (2022). Implementasi KombinasiTeori Belajar Pavlov BerbasisTeori Belajar Kognitif Untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Pada Peserta Didik Sma Negeri 1 Indra Makmu. JIMEDU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 1–10.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Staddon, J. E. R. (2014). The new behaviorism (Second edition). Psychology Press, Taylor & Francis Group.

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198.

Uno, H. B. (2016). Perencanaan Pembelajaran. PT.Bumi Aksara.

Wijayanti, R., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1396–1401.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.436