Effectiveness of the Teaching Strategies and Pronunciation in Improving Students’ Reading Comprehension Skills

  • One Lailla Trisanti STKIP Situs Banten, Serang, Banten,  Indonesia
  • Nyimas Novia Rahmawati STKIP Situs Banten, Kota Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 4 Kota Serang yang berjumlah 565 siswa dengan sampel yang dipilih secara random sampling yang berjumlah 90 siswa, yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan bentuk 20 soal pilihan ganda dan 5 esai untuk menilai pronunciation siswa sebagai pembanding (B) dalam desain faktorial 2x3. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Sementara, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaah test normalitas, tes homogenitas, statistik deskriptif, ANOVA dua arah, dan test tukey. Hasilnya menunjukkan perbedaan yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai F0 sebesar 3.397 dan Sig. sebesar 0.038 < 0.05. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, terdapat interaksi antara metode pembelajaran SQ3R dan infografis dan level pronunciation dalam keterampilan meningkatkan pemahaman membaca peserta didik.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Metode SQ3R, Media Infografis, Pronunciation, Pemahaman Membaca

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-02
Bagaimana cara mengutip:
Trisanti, O. L., & Rahmawati, N. N. (2024). Effectiveness of the Teaching Strategies and Pronunciation in Improving Students’ Reading Comprehension Skills. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 449-456. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.811
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 241 times
PDF (English) downloaded: 167 times

Referensi

Ajijah, J. H., & Selvi, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Perangkat Desa. Jurnal Manajemen, 13(2), 232–236. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9800

Aminah, A., Nurwahida, N., & Nurmawati, N. (2021). Technology-Based Teaching Strategies Implemented By English Teachers Before and During Covid-19 in Efl Context. English Language, Linguistics, and Culture International Journal, 1(3), 195. https://doi.org/10.24252/elstic-ij.v1i3.26205

Amiruddin, A. (2022). The Influence of SQ3R Technique and Students’ Reading Interest towards Students’ Reading Comprehension Achievement. Journal of Social Work and Science Education, 3(1), 60–66. https://doi.org/10.52690/jswse.v3i1.273

Cleveland, L. M., Olimpo, J. T., & DeChenne-Peters, S. E. (2017). Investigating the Relationship between Instructors’ Use of Active-Learning Strategies and Students’ Conceptual Understanding and Affective Changes in Introductory Biology: A Comparison of Two Active-Learning Environments. CBE Life Sciences Education, 16(2), 1–19. https://doi.org/10.1187/cbe.16-06-0181

Dewi, P. R., Artini, L. P., & Wahyuni, L. G. E. (2022). Teaching Strategies Employed by the English Teacher during the Onsite Transitional Period. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 10(3), 226–232. https://doi.org/10.23887/jpbi.v10i3.58558

Dharmayanti, W., & Oktarika, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Guru IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 41–51. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1156

Erdawati, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Metode SQ3R pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 MAN 5 Jakarta. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 228–242. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.206

Jovanovic, J., Gasevic, D., Dawson, S., Pardo, A., & Mirriahi, N. (2017). Learning Analyticcal to Unveil Learning Strategies in a Flipped Classroom. The Internet and Higher Education, 33(4), 74–85. https://doi.org/10.1016/j.iheduccc.2017.02.001

Latipah, M., Thohir, L., & Saputra, A. (2023). The Analysis of Teachers’ Strategies in Teaching Reading At SMAN 1 Pringgarata in Academic Year 2022/2023. JEEF (Journal of English Education Forum), 3(1), 49–53.

Lestari, R. P., Asrori, M., & Sulistyawati, H. (2019). The English Teaching Strategies for Young Learners in an International Primary School in Surakarta. English Education Journal (EEJ), 7(2), 151–163. https://doi.org/10.20961/ed.v7i2.35816

Mulyanti, S., Nadrun, N., & Waris, A. (2021). Teachers’ Strategies in Teaching Speaking at High School. Jurnal of Foreign LAnguage and Educational Research, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.31934/jofler.v4i2.1673

Nabilla, A., & Asmara, C. H. (2022). The Effect of SQ3R Method On Improving Students’ Reading Skill. English Education Journal (EEJ), 12(4), 510–525. https://doi.org/10.15294/eej/v12i4.66593

Nurdianingsih, F. (2021). Teachers’ Strategies in Teching Reading Comprehension. PROJECCT (Professional Journal of English Education), 4(2), 285–289. https://doi.org/10.22460/project.v4i2.p285-289

Nuryani, G. D. T., Pangestu, W. T., & Wana, P. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R (Survey , Question, Read, Recited, Review) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas 4 SDN Tambakromo 1 Geneng. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1), 85–94. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5383

Ozyurt, M., Kan, H., & Kiyikci, A. (2021). The Effecctiveness of Understanding by Design Model in Science Teaching: A Quasi-experimental Study. Eurasian Journal of Educational Reesearch, 94(1), 1–24. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.94.1

Ragin, G., Ragin, G., Dian Chaerani Utami, &, & Tangerang, U. M. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 54–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Rusbaena, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode SQ3R pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Watansoppeng. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.51878/vcational.v2i1.834

Saragih, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 193–197.

Syukri, S., & Karmini, K. (2022). Teaching Strategies for Reading Comprehension: EFL Teachers’ Best Practices. Al Lughawiyaat, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31332/alg.v3i1.3578

Zamani, A. Z., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 89–100. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.12937