Effectiveness of the Teaching Strategies and Pronunciation in Improving Students’ Reading Comprehension Skills
Abstrak
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 4 Kota Serang yang berjumlah 565 siswa dengan sampel yang dipilih secara random sampling yang berjumlah 90 siswa, yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan bentuk 20 soal pilihan ganda dan 5 esai untuk menilai pronunciation siswa sebagai pembanding (B) dalam desain faktorial 2x3. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Sementara, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaah test normalitas, tes homogenitas, statistik deskriptif, ANOVA dua arah, dan test tukey. Hasilnya menunjukkan perbedaan yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai F0 sebesar 3.397 dan Sig. sebesar 0.038 < 0.05. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, terdapat interaksi antara metode pembelajaran SQ3R dan infografis dan level pronunciation dalam keterampilan meningkatkan pemahaman membaca peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 One Lailla Trisanti, Nyimas Novia Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.