Model Guide Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

  • Khairunnisa’ Nabilah Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Mutiara Khadijah Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Kania Utari Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Matematika menjadi peran penting untuk mengembangkan pola pikir sistematis, rasional, dan kritis, serta perkembangan ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi kontemporer. Studi ini membahas pentingnya kemampuan untuk berkomunikasi matematis dalam konteks pembelajaran matematika dan untuk menemukan kesalahan dalam komunikasi matematis dalam situasi sehari-hari, terutama dalam hal pemahaman konsep bilangan pecahan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model Guided Discovery Learning. Data sekunder dikumpulkan dari artikel dan jurnal yang terkait dengan model Guided Discovery Learning dalam penelitian ini. Model ini dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan melibatkan mereka secara aktif dalam menemukan dan memahami konsep matematika. Metode kepustakaan digunakan dalam penelitian ini. Pemahaman konsep pecahan, pengukuran kemampuan komunikasi matematis, dan analisis kesalahan komunikasi matematis dalam percakapan sehari-hari adalah topik pembicaraan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika, dan model Guided Discovery Learning bisa membantu siswa menemukan hal-hal sendiri. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika dan menyarankan model Guided Discovery Learning sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan ini.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Guided Discovery Learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-18
Bagaimana cara mengutip:
Nabilah, K., Khadijah, M., & Utari, K. (2023). Model Guide Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 241-248. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.806
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 124 times
PDF downloaded: 107 times

Referensi

Adriani. S. A., Kadir, Salam. M., dan Ikman. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha. Pendidikan Matematika. 10 (1) : 66-76.

Ahmad, I., dan Supriyanto. (2022). Berpikir dan Kemampuan Matematika. Surabaya: JDS.

Aqib, Z. dan Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Aslamiyah, Tsuwaibatul. (2022). Implementasi Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1) : 135-144.

Asyinandani, Tasha. (2023). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 22 Padang. JEPM Jurnal Edukasi Penelitian Matematika, 12 (2).

Dahar, R.W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Giawa, Kurniawan., Ardiana, Nunik., dan Saleh, Agus. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Discovery Learningdalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Kelas X SMK Negeri 1 Lumut. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4 (1) : 32-38.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 1 (1): 21 – 32.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Purwati, H., dan Wuri, D. E. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat, 4 (2) : 17-23.

Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 2(2): 149-150.

Rini, A.P., I’in, K.S., dan Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa?. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 2419-2429.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Roestiyah, N.K. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sari, M., dan Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU Serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian (Hibah Pascasarjana). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Somawati. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol 6 (1): 39-45.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi., Hardi Suyitno., dan St. Budi Waluya. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1) : 38-47.

Wibowo, Tri. (2019). Metode Diskoveri Terbimbing (Guided Discovery): Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Sains MI/SD. Elementary, 7 (1) : 55-74.

Yuliato, H., dan Suprihatiningsih, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Treffinger Berdasarkan Self Aficacy. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, Surabaya: UNNES.