Penggunaan Bahan Ajar Matematika pada Materi Jarum Jam

  • Suciyati Anggi Pratiwi Universitas PGRI Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan terkait penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran matematika masih ditemukan pada peserta didik kelas 2 SD Inpres 16 Kabupaten Sorong, permasalahan ini mengakibatkan peserta didik bosan dan sulit memahami konsep matematika. Dengan menggunakan bahan ajar poster dan alat peraga dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahan ajar poster dan alat peraga dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pokok bahasan materi membaca jarum jam. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan deskriptif kuantitatif yang menerapkan pretest dan postest untuk mengukur keberhasilan penggunaan bahan ajar. Metode penelitian yang dilakukan dengan observasi pembelajaran serta dengan wawancara bersama guru wali kelas 2. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan alat peraga dan poster sebagai bahan ajar pembelajaran matematika materi membaca jarum jam dapat meningkatkan hasil belajar, dengan persentase kenaikan rata – rata 25%, dengan nilai rata – rata 81,7. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar alat peraga dan poster dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 SD Inpres 16 Kabupaten Sorong.

Kata Kunci: matematika, bahan ajar, alat peraga, poster

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-21
Bagaimana cara mengutip:
Pratiwi, S. A. (2023). Penggunaan Bahan Ajar Matematika pada Materi Jarum Jam . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 333-336. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.780
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 75 times
PDF downloaded: 56 times

Referensi

Agung. (1984) Pembelajaran matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

As’ari.A.R.(2000). Pembelajaran Matematika yang Demokratis. Universitas Negeri Malang.

Ifrianti, S., & Putri, A. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakanalat Peraga Jam Sudut Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn 2 Sunur Sumatera Selatan. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 1-19.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Maulidah, S., & Sandy, D. P. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Jammu Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Satuan Waktu Kelas Iii Minu Waru I Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 1-9.

Maulidina Tamalla dan Agung Setyawan. (2023). Pemanfaatan Media Papan Kotak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Satuan Berat Kelas 2 Min 2 Bangkalan. Junal Keilmuan pendidikan Matematika. Agung. Pembelajaran matematika.

Mira Sagita dan Nia Kania (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasional pendidikan

Muti Umanahu, Wachyudi Eksan Gani (2020). Penggunaan Alat Peraga Jam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Islamiyah 3 Kota Ternate Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Satuan Waktu. Jurnal Pendas: pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1

Soekamto T, Wardani, I.G.A.K dan Winataputra, U.S. (1997). Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Bahan Ajar Pekerti P2LPTKI. Jakarta.

Sukayati dan Agus Suharjana. (2009) .Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Departemen pendidikan Nasional.