Analisis Kepekaan Sosial Siswa terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi

  • Sindy Ayu Lestari Romadhoni Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Arya Setya Nugroho Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Banyaknya perbedaan seringkali membuat asing, Lingkungan sekitar anak akan sangat mempengaruhi kepekaan sosial anak. Sekolah inklusi adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kepekaan sosial anak karena di dalamnya terdapat anak berkebutuhan khusus yang dapat melatih kepedulian terhadap sesama. Namun, Pada lingkungan masyarakat adanya program sekolah inklusi kerap dinilai apabila ABK disatukan dalam satu lingkungan pendidikan yang bersamaan dengan anak normal maka akan menghalangi proeses pembelajaranya karna merasa risih dan dianggap remeh. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kepekaan sosial pada anak  terhadap kondisi yang berbeda dengan sebayanya yang turut belajar di sekolah yang sama yaitu SD Muhammadiyah 1 GKB. Penelitian ini berfokus pada kepekaan sosial peserta didik usia sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan data skunder. Teknik pengumpulanya menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pendidikan inklusi memberikan beragam manfaat, salah satu yang signifikan adalah timbulnya kepekaan sosial pada anak seperti adanya rasa empati, simpati, tolong-menolong dan menghargai perbedaan.

Kata Kunci: sekolah penyelenggara pendidikan inklusi (SPPI), kepekaan sosial, anak berkebutuhan khusus

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sindy Ayu Lestari Romadhoni, Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Nama  :Sindy Ayu Lestari Romadhoni

TTL     : Gresik, 27 November 2001

Alamat :Jl.Denpasar No.01 GKB Gresik

Phone   : 087-755-564-045

Diterbitkan
2023-12-11
Bagaimana cara mengutip:
Romadhoni, S. A. L., & Nugroho, A. S. (2023). Analisis Kepekaan Sosial Siswa terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 157-164. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.777
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 199 times
PDF downloaded: 118 times

Referensi

Amatullah, A., Peduli, D., & Jiwa, K. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Inklusif sebagai Upaya Mencegah Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2022). Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.3487

Arif dkk. (2017). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Praya Barat. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 1–9.

Bahri, S. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Hapsara, A. S. (2019). Membangun Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Scrum di Negara Totochan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.78

Hapsara, A. S. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Akomodasi Kurikulum untuk Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan pada Pelajaran Sosiologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 46-54. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.761

Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2023). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014

Kristen, U., Wacana, S., & Rusmono, D. O. (n.d.). (2020). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. 7, 209–217.

Lutfi, A. R., & Badiah, I. (n.d.). Pendidikan Inklusif. www.unipasby.ac.id

Nabila, N. (2020). Analisis Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI 5(2). https://doi.org/10.1007/s13398-014

Nur Maghfiroh, M., Septa Andika, D., Tyas Pratiwi, L., Nur Marcela, I., Faza Afifah, A., & Artikel, R. (2022). Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Pitoewas, B., Nurhayati, N., Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020a). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) Di Era Digital Dalam Menyikapi Masalah Sosial. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 07(1), 17–23.

Pitoewas, B., Nurhayati, N., Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020b). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) Di Era Digital Dalam Menyikapi Masalah Sosial. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 07(1), 17–23.

Retnoningtyas, W. A., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Konferensi Ilmiah Dasar Tema: Membumikan pendidikan karakter dengan pendekatan Inklusi. Kid Konfersi Ilmiah Dasar, 1, 1–7.

Sekolah Dasar, D. M., Haus, N., Tabalong, T., & Selatan, K. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Haus Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Empati dan Simpati. Langsat Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2). www.rumahjurnal.net

Shodiq, S. F. (2021). Pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Basicedu, 5(6), 5648–5659. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1698

Sutarti. (2018). terbatasnya sarana yang menunjang sistem pendidikan inklusi, minimnya kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki guru, kurangnya biaya oprasional dan lain sebagainya.

Tabi’in Dosen, A., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Pekalongan, I. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial.

Tambusai, J. P., Kholisah, N., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia. Pendidikan Tambusai, 5(3), 1–5.

Wijayanti, T. P., Afita, W., & Wilantanti, G. (2017). Pengaruh Sekolah Inklusi terhadap Kepekaan Sosial Anak SD Slerok 2 Kota Tegal. Journal of Creativity Student, 2(2), 47–57. https://doi.org/10.15294/jcs.v2i2.20504

Zakiyyah Arofa, I., Zulfiana, U., Psikologi, F., & Muhammadiyah Malang, U. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah (Vol. 06, Issue 01).