Analisis Damar Kurung melalui Penjelajahan Museum Virtual Masmundari pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD

  • Qoonita Rizka Syafana Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nanang Khoirul Umam Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis Damar Kurung sebagai salah satu Budaya Lokal Kabupaten Gresik melalui Penjelajahan Museum Virtual Masmundari pada Mapel Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Peserta didik tingkat Sekolah Dasar perlu dikenalkan dengan Budaya Lokal setempat untuk membentuk karakter anak, dengan identitas dan jati diri leluhurnya. Fokus masalah yang akan diteliti oleh peneliti yakni terkait banyaknya Peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang kurang bahkan tidak mengenal Budaya Lokal yang ada ditempatnya. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat Budaya Lokal Gresik khususnya Damar Kurung merupakan seni tradisi daerah yang harus dilestarikan. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif, yang mana pengumpulan datanya dilakukan menggunakan metode penelitian survei dengan Menyusun kuesioner dan melakukan wawancara sehingga dapat ditemukan bahwa analisis Damar Kurung melalui penjelajahan Museum Virtual Masmundari dapat menjadi inspirasi pengenalan budaya dalam aspek (menulis, membaca dan memahami, berbicara dan mempresentasikan) pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Budaya lokal, Damar Kurung, Museum Virtual

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Qoonita Rizka Syafana, Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Qoonita Rizka Syafana lahir dan tinggal dikota Gresik dan menjadi salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik di Prodi Pendidikan Guru sekolah Dasar, saya lahir di Gresik pada tanggal 16 Oktober 2002, WA 0881026266305.

Diterbitkan
2023-12-06
Bagaimana cara mengutip:
Syafana, Q. R., & Umam, N. K. (2023). Analisis Damar Kurung melalui Penjelajahan Museum Virtual Masmundari pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 120-125. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.766
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 100 times
PDF downloaded: 53 times

Referensi

Herdin, M., Robin, A. & Andi. (2022). Pemanfaatan Museum Tour Virtual Sebagai Sumber Media Pembelajaran Sejarah di Era Digitalisas. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 111-118. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10715

Irmayati, D. (2016). Peran Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Era Globalisasi. Yogyakarta : UNY

Mallory Glaser. (2021). Are Virtual Museums Worth It?: Discovering Gen Z’s Perception of Virtual Museum Visits in light of the Covid-19 Pandemic.

Oktavianti, I., Pd, M., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. FKIP Universitas Muara Kudus.

Qomariyah, N. W. (2019). SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. 3. http://research-report.umm.ac.id/index.php/

R Nizar, Wulandari Ika, & Nugraha Wildan Erhu. (2021). MASMUNDARI - Cahaya dan imajinasi yang hidup.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surahman. (2018). Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya di Masa Pandemi. SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra). 1–7. http://research-report.umm.ac.id/index.php/

Tinja, Y., & Malikah Towaf, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9990

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1–11. https://doi.org/10.30742/TPD.V1I02.857

Utama M. Wahyu Putra. (2016). Keberadaan Seni Lukis Damar Kurung Masmundari. Brikolase, 1–21. https://doi.org/10.33153/bri.v8i1.1803