Analisis Kebutuhan Guru terhadap Media Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila

  • Izzatul Jannah PGSD, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur,  Indonesia
  • Widya Trio Pangestu PGSD, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Fenomena globalisasi telah diakui sebagai faktor penentu terkikisnya prinsip-prinsip moral dan integritas pribadi, sehingga menimbulkan kekhawatiran besar sehingga memerlukan keterlibatan banyak pihak terkait. Guru mempunyai peran penting sebagai pengajar dan pendidik yaitu mendidik karakter siswa. Tujuan dari analisis kebutuhan ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru dapat memanfaatkan kearifan lokal dengan lebih baik untuk meningkatkan Profil Pelajar Pancasila melalui penggunaan media. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik angket kebutuhan, dan teknik observasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SDN Bancaran 3 Bangkalan. Hasil penelitian ini adalah guru membutuhkan suatu media yang mampu memfasilitasi guru untuk mengajarkan peserta didik tentang permainan tradisional Madura dengan rinci.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Penguatan Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-14
Bagaimana cara mengutip:
Jannah, I., & Pangestu, W. T. (2023). Analisis Kebutuhan Guru terhadap Media Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 213-217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.763
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 91 times
PDF downloaded: 69 times

Referensi

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Dora, N., Susanti, E., & Wandini, R. R. (2021). Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa di MIS Al-Afkary Batang Kuis Nuriza Dora 1 , Eka Susanti 2 , Rora Rizky Wandini 3 123. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390–9394. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2485

Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Kemendikbudristek No.09. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Ajriah Muazimah, Ida Windi Wahyuni. 3, 70–76.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Soraya, S. Z. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa. Sajiem, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.51200/uji.v12i.3291

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suttrisno, & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1), 54–76.