Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Palopo

  • Duriani Duriani Prodi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Abdul Kadir Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran pendidik atau guru dalam mengimplementasikan kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Palopo. Metode yang digunakan melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini Kepala sekolah dan Guru berjumlah enam informan. Berlokasi di sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal I, II, II di Palopo. Metode pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara mendalam, sementara analisis data dilakukan dengan menerapkan triangulasi. Hasil temuan terkait peran guru dalam menerapkan kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan pada Taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Palopo meliputi (1) perencanaan pembelajaran pada kurikulum TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo berupa rencana kegiatan semester, rencana kegiatan mingguan. Pada kurikulum ini mencakup berbagai tema seperti yang diajarkan mengenai tentang diriku, keluargaku, lingkungan, binatang peliharaan, tanaman, kendaraan, alam semesta, dan negaraku. Tema-tema tersebut dijabarkan ke dalam sub-tema yang beragam, disesuaikan dengan berbagai kondisi siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum Taman Kanak-kanak. Aisyiyah Bustanul Athfal Palopo, dilaksanakan melalui beberapa metode pembelajaran diantaranya metode pemberian contoh, metode pengisahan, metode nasehat, larangan dan perintah serta metode pengalaman secara fisik dan batin, diterapkan oleh guru berdasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran harian.

Kata Kunci: Guru, kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan, TK Aisyiyah Bustanul Athfal

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Duriani Duriani, Prodi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Dr. Duriani. M.Pd.I, Dosen Program studi Manajemen. Universitas Muhammadiyah Palopo. Aktif menulis jurnal dari berbagai publikasi baik nasional terindeks sinta maupun international. WA: 081341552297.

Abdul Kadir, Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Abdul Kadir, M.Psi, Dosen Program studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo. WA: 085246296901

Diterbitkan
2023-12-19
Bagaimana cara mengutip:
Duriani, D., & Kadir, A. (2023). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Palopo. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 271-278. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.752
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 95 times
PDF downloaded: 73 times

Referensi

Ahmad, A. K., Ishak, & Afdalia. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79–87. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.23

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

DN, N. A., Yumarni, V., & Marwah, S. (2021). Tumbuh Kembang Anak Dan Pola Pengasuhan Orang Tua Pada Masa Golden Age. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i1.74

Hyangsewu, P., Parhan, M., & Fu’adin, A. (2020). Islamic Parenting : Peranan Pendidikan Islam Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini Di (Pembinaan Anak-Anak Salman) Pas-ITB. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 148.

Kadir, A. (2021). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Nur Saqinah Galugu, D. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Peraturan Mendikbud R.I. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini , h. 1.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Srilestari. (2021). Pengembangan Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd Muhammadiyah Bendo Kulon Progo. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XI (1).

Sutarmin, S., Zuchdi, D., & Suardiman, S. P. (2014). Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan Di Tk Islam Terpadu. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2656

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197

Yuniarti, F. A., Fauzi, H. N., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum Ismuba Dalam Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 289–300.

Zalyana, Z. (2016). Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 71–81. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1512