Penerapan Isi Materi Ajar “Al-Kulliyatu Al-Khamsah” Pada Mata Pelajaran PAI di Keseharian Peserta Didik (Tinjauan Analisis Evaluasi Sumatif)

  • Nasiruddin Sidqi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Sayid Ahmad Ramadhan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Santiani Santiani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Triwid Syafarotun Najah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan isi materi ajar al-kulliyatu al-khamsah sub-bagian menjaga jiwa (al-nafs) yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah. Tinjauan lapangan (field research) digunakan sebagai jenis penelitian dengan hasilnya dipaparkan secara deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan langkah pengabsahan dengan trianggulasi teknik dan sumber serta tahap analisis yakni: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI jurusan Multimedia B (MM B) SMK Karsa Mulya Palangka Raya telah mengetahui dan memahami orientasi dan tujuan isi materi ajar al-kulliyatu al-khamsah sub-bagian menjaga jiwa (al-nafs). Untuk penerapan dilakukan dengan cara berikut: a. membuang sampah pada tempatnya, b. senantiasa ikut aktif berpastisipasi pada kegiatan gotong royong membersihkan dan menata lingkungan sekolah di hari Jum’at ketiga setiap bulannya, c. melaksanakan tugas piket kebersihan kelas sesuai jadwal yang telah disepakati bersama serta d. saling mengingatkan jika ada salah satu teman mereka yang menampilkan perilaku merusak lingkungan sekolah. Adapun dorongan atau pemicu merealisasikan isi materi ajar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yakni: a. memang berasal dari kesadaran dalam diri bahwasanya kebersihan merupakan hal wajib yang mesti dilakukan dan b. harus lebih dulu diingatkan oleh guru maupun teman-temannya yang lain baru lah mau melakukan demikian dengan alasan tergantung pada mood (rasa ingin) serta mencontoh segelitir peserta didik lain (satu kelas dan/berbeda kelas). Kemudian untuk dampak yang dirasakan yakni membuat tergugahnya rasa semangat mereka guna lebih memerhatikan kondisi lingkungan sekitar dengan tetap selalu dijaga termasuk ketika berada di sekolah serta sebagai bentuk penerapan syari’at agama Islam yang jika dilakukan bernilai suatu ibadah.

Kata Kunci: al-Kulliyatu al-Khamsah, Penerapan, Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-14
Bagaimana cara mengutip:
Sidqi, N., Ramadhan, S. A., Santiani, S., & Najah, T. S. (2023). Penerapan Isi Materi Ajar “Al-Kulliyatu Al-Khamsah” Pada Mata Pelajaran PAI di Keseharian Peserta Didik (Tinjauan Analisis Evaluasi Sumatif). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 218-225. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.750
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 272 times
PDF downloaded: 1772 times

Referensi

Abas, S., & Mabrur, H. (2022). Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Agama Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.119.

Agustang, Rama, B., & Yahdi, M. (2023). Pendidikan Islam Masa Penajahan Kemerdekaan dan Dinamika Kebijaksanaan. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i3.357.

Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahrah, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11661

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377.

Ashidiq, W., Santosa, B., & Kuat, T. (2023). Implementasi E-Learning Pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14321.

Azami, Y. S., Putri, Y., Nurhuda, A., & Susanti, L. (2023). Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Filsafat Islam. JIS: Journal Islamic Studies, 1(3), Article 3.

Budiarti, Y., & Saidah, N. (2022). public pendidikan islam: Perubahan sosial dan pendidikan islam. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v12i1.1230.

Fauzan., & Fatkhul Arifin. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media.

Gustanto, E. S. (2022). Digital Marketing dalam Perspektif Hukum Islam: Pendekatan Maqashid Shariah Index. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55657/tajis.v1i1.27.

Hidayat, M. S., Fitra, D., Susetyo, A. M., Amarulloh, R. R., & Ardiansyah, R. (2023). PENGANTAR EVALUASI PENDIDIKAN. Penerbit Widina.

Iskandar, D. D. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.

Jamaluddin, J., Judrah, M., Ardianti, Islamiah, D., Ferawati, & Mytra, P. (2022). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL CIPP DI UPT SMA NEGERI 4 SINJAI: Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i1.1246.

Khasanah, L., Sakti, M. D. A. B., Faruqi, A. R. H. A., Purwaningtyas, D. A., & Patimah, P. (2023). Konsep ta’dib menurut Al-Attas sebagai solusi pendidikan moral usia dini. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.8544.

Masriani, Y. T. (2023). Sinergi Maqashid Syariah Asy-Syatibi Dengan Pancasila Sebagai Falsafah Negara Indonesia. Jurnal Ius Constituendum, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.26623/jic.v8i1.6092.

Nurhantara, Y. R., & Utami, R. D. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5142.

Ramadhan, S. A., Hartati, Z., Muslimah, M., & Fahmi, N. (2023). MENGEMBANGKAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN MATERI AJAR PADA MATA PELAJARAN PAI. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i2.1854.

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409.

Wardi, M. C., A’la, A., & Nurhayati, S. (2023). Contextualisation of Al-Maqasid Al-Kuliyyat According To The Objectives Of The Individual, Family, Society and Humanity: An Analysis on Jamaluddin Athiyah’s Perspectives. https://doi.org/10.33102/mjsl.vol11no1.389.

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439.

Za, M. A. S., Ghazali, M. L., & Yasid, A. (2023). Maqashid Syariah: Kajian Teoritis Dalam pembentukan Fatwa DSN Sukuk. Akademika, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.30736/adk.v17i1.1531.