Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengembangan Modul Ajar

  • Ifti Luthviana Dewi Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Analisis karakteristik dan kebutuhan peserta didik menjadi hal penting dalam perencanaan pembelajaran, terutama dalam kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk menganalisis karakteristik dan kebutuhan peserta didik SMAN 2 Bantul serta strategi yang digunakan oleh guru pengampu dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil analisis tersebut nantinya menjadi acuan dalam pengembangan modul ajar. Peserta dari penelitian ini yaitu 36 peserta didik kelas X SMAN 2 Bantul Yogyakarta, yang sedang menjalani semester dua tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen berupa angket survey disebar untuk mendapatkan data kuantitatif. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memiliki gaya belajar visual dalam kegiatan berkelompok maupun berpasangan dan memanfaatkan teknologi dalam prosesnya.

Kata Kunci: karakteristik peserta didik, kebutuhan peserta didik, modul ajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-19
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, I. L. (2023). Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengembangan Modul Ajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 279-284. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.749
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 366 times
PDF downloaded: 949 times

Referensi

Abdullah, A. (2019). Perkembangan Sosio-Emosional pada masa remaja. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 417-429. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12411

Arifin, Z. (2012). Pendidikan multikultural-religius untuk mewujudkan karakter peserta didik yang humanis-religius. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 89-103. Doi: 10.14421/jpi.2011.11.89-103

Brown, H. D. & Lee, H. (2015). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (4th Eds). Pearson Education.

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Ed.). SAGE Publications.

Handayani, P. (2002). Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya. Kemendikbudristek.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Hutchinson, T., & Waters, A. (1987). English for Specific Purposes. Cambridge University Press.

Kratz, J. E., & Strasser, C. (2015). Researcher perspectives on publication and peer review of data. PLoS One, 10(2). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0117619

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muali, C., & Mazida, L. (2018). Relevansi Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Motivasi Belajar; Sebuah Analisis Lingkungan Boarding School. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 211-223. https://doi.org/10.52431/murobbi.v2i2.159

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. Doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21st-Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM education, 6(1), 1-15. https://doi.org/10.1186/s40594-019-0192-1

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71