Dorsata si Ilmuwan: Mengungkap Kejadian Sains di Sekitar Kita dengan Media Eksperimen Virtual Berbasis Game Edukasi

  • Marcelino Budi Prakasya SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Nathanael Bisma Narayan SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Akhmad Bagus Nuryanto SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pada era revolusi industri 4.0, peserta didik dituntut memiliki keterampilan yang inovatif dan berkarakteristik. Namun, terdapat beberapa sekolah belum memiliki standar yang baik dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi revolusi industri. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya pemahaman dan keterampilan peserta didik. Selain itu, metode dan media ajar yang membosankan serta melandanya pandemi covid juga menjadi penyebab rendahnya pemahaman dan keterampilan. Seiring berjalannya waktu, teknologi berkembang dan berpotensi menarik minat peserta didik mengasah keterampilannya. Maka, dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat menunjang pemahaman dan keterampilan peserta didik. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui cara meningkatkan kualitas keterampilan para peserta didik. 2) Mengetahui fitur yang diperlukan dalam meningkatkan efektivitas pemahaman keterampilan peserta didik pada mata pelajaran fisika. 3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran Dorsata dalam meningkatkan pemahaman keterampilan peserta didik.  Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dimana langkah pertama adalah uji materi dan uji soal yang dilakukan oleh ahli materi. Setelah itu, melakukan uji kepraktisan media dengan memberikan angket kepraktisan. Kemudian, dilakukan uji media oleh tiga ahli media. Barulah, pengambilan data dilakukan di SMA KT. Di sana, pengambilan data kemampuan awal peserta didik dengan memberikan pre test, menguji kemampuan eksperimen, dan menguji pemahaman media pembelajaran. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Dorsata membantu peserta didik meningkatkan kualitas keterampilan. Fitur-fitur yang diperlukan yaitu Laboratorium digital, materi pembelajaran, LKPD praktikum, video demonstrasi, hingga tes pemahaman peserta didik. Media Pembelajaran Dorsata juga efektif dalam meningkatkan pemahaman keterampilan peserta didik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Virtual Laboratorium, Unity, Keterampilan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Prakasya, M. B., Narayan, N. B., & Nuryanto, A. B. (2023). Dorsata si Ilmuwan: Mengungkap Kejadian Sains di Sekitar Kita dengan Media Eksperimen Virtual Berbasis Game Edukasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.748
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 494 times
PDF downloaded: 216 times

Referensi

Aryananda, J., dkk. (2019). Penerapan Model Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif pada Siswa Kelas III SDN Sumbersari Kota Malang. Jurnal Basicedu, 3(1), 118-124.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (3rd ed.). United Kingdom: Longman.

Hernowo (2009). Mengikat Makna. Bandung: Kaifa.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keputusan Kepala Badan Perbukuan (nomor 018/KR/2020) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada PAUD, Dikdasmen pada kondisi khusus dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI

Khusna, A., Sulianto, J. & Widyaningrum, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berbantu Media CD Interaktif pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 136-148.

Nur, J. (2014). Pengaruh Penggunaan Strategi Think-Talk-Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bungoro. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudarwati, Th. M. & Grace, Eudia (2017). Look Ahead Book 2, An English Course for Senior High School Students Year XI. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Widiati, dkk. (2018). Bahasa Inggris: Buku Siswa Kelas XII_ edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud