Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

  • Sholihah Ummi Nirmala Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Anggita Agustina Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Siti Robiah Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ayu Ningsi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, kelebihan dan kekurangan, solusi dalam penerapan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian ini adalah 1) kurikulum merdeka sudah diterapkan namun belum terlihat penerapan pembelajaran berdiferensiasinya. Guru masih kurang menguasai teknologi, dan masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. 2) Kelebihannya adalah guru mudah dalam memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari dahulu materi melalui tautan materi pembelajaran di kurikulum merdeka yang sudah didukung teknologi. Kekurangannya adalah tidak semua guru mahir dalam mengoperasikan laptop/komputer. Masih banyak guru yang tidak bisa menambahkan animasi pada power point, kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan laptop masih kurang sehingga guru harus membimbing peserta didik dalam mengoperasikan aplikasi yang digunakan sehingga jam pembelajaran efektif berkurang. 3) solusinya adalah guru dapat bergabung dengan penyuluhan tentang teknologi informasi dan komunikasi, mencari materi tambahan di internet, menggunakan media pembelajaran berbasis game yang familier dengan peserta didik, dan peserta didik diminta untuk mempelajari cara penggunaan aplikasi di rumah sehari sebelum pembelajaran

Kata Kunci: Kurikum Merdeka, Media Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sholihah Ummi Nirmala, Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis merupakan mahasiswi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang mendapatkan gelar sarjananya dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 2022. Penulis lahir di Jepara pada bulan Februari 2001, dan dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor 081229108386. Aktivitas yang dilakukan penulis saat ini adalah fulltime mahasiswa yang mendapatkan kesempatan untuk mengabdikan diri di sebuah sekolah di desa ketika libur semester.

Diterbitkan
2023-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182-187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 993 times
PDF downloaded: 674 times

Referensi

Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. Komunike: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(1), 1–23. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba : Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (Fourth). United States of America: Sage Publication.

Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan Web Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal Informatika, 3(2). https://doi.org/10.31294/ji.v3i2.834

Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601–611. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.368

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038

Kemenristekdikti. (2023, February 6). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Retrieved March 5, 2023, from Merdeka Mengajar website: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7–13.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE.

Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., … Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development Of Powerpoint-Based Learning Media In Integrated Thematic Instruction Of Elementary School. 8(10).

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274