Pengaruh Jurnal Membaca Digital terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Jefri Nur Fahmi Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Siti Rochmiyati Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan masyarakat 5.0 menuntut kemampuan literasi yang baik. Kemampuan literasi yang baik bermanfaat untuk memilih, menyaring pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini. Kemampuan literasi murid sekolah dasar berdasarkan survei PISA masih tergolong rendah. Perlu adanya inovasi guru untuk meningkatkan kemampuan literasi murid terutama di sekolah dasar. Salah satu inovasi yang dilakukan yaitu menggunakan jurnal membaca digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal membaca digital terhadap kemampuan literasi murid kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest group design. Subjek penelitian ini adalah 20 murid SD Negeri Kalisari, Temon, Kulon Progo sebanyak 20 murid sebagai kelas kontrol dan murid kelas V SD Negeri Janten sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumrn tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus pearson correlation melalui aplikasi spss 25. Data yang terkumpul diuji normalitas, homogenitas sebagai prasyarat uji hipotesis. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t melalui aplikasi spss 25. Dari hasil Uji-t diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0,002 dapat diinterpretasi terdapat perbedaan kemampuan literasi murid kelas eksperimen dengan murid kelas kontrol. Dari hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,256. Berdasarkan hasil tersebut nilai t hitung > t tabel untuk db 38 yaitu 2,059 untuk nilai alpha 5% dan 2,796 untuk nilai alpha 1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penggunaan jurnal membaca digital berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan literasi murid kelas V SD Negeri Janten.

Kata Kunci: Jurnal membaca digital, kemampuan literasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Siti Rochmiyati, Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis 1 merupakan guru SD Negeri Janten, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Merupakan mahasiswa aktif pacasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta tahun 2023.

WA: 085642388195

Penulis 2 merupakan Dosen aktif pacasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Tahun 2023.

Diterbitkan
2023-11-21
Bagaimana cara mengutip:
Fahmi, J. N., & Rochmiyati, S. (2023). Pengaruh Jurnal Membaca Digital terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 71-77. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.745
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 260 times
PDF downloaded: 163 times

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=M_UrEAAAQBAJ

Astuti, P., Mumpuni, A., & Adjar Pranoto, B. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 26–32. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.55

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. Guilford Publications. https://books.google.co.id/books?id=s4MziIeTsRgC

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

FIRDAUS, M. M. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF; DILENGKAPI ANALISIS REGRESI IBM SPSS STATISTICS VERSION 26.0. CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=lJ8hEAAAQBAJ

Fitriandi, P. (2022). Bunga Rampai Keuangan Negara 2021. PKN STAN Press. https://books.google.co.id/books?id=cG5YEAAAQBAJ

Fridayani, J. A., Kusuma, S. E., Kusumajati, T. O., M, T. A. H., Wijayanto, W. A., & Press, S. D. U. (2023). Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. https://books.google.co.id/books?id=hYrcEAAAQBAJ

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah: (KTI). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=1s-EDwAAQBAJ

Kuntjojo. (2021). Psikologi Pendidikan. In Psikologi Pendidikan. Guepedia.

Nur Anita, S. S. T. M. K., Lilis Maghfuroh, S. K. N. M. K., Alphyyanto Eko Sutrisno, M. K. M., RR. Arum Ariasih, S. K. M. M. K. M., Lanova Dwi Arde M, S. K. M. M. K. M., Ratno Widoyo, S. K. M. M. K. M., Onetus Fifsi Putra, M. K. M., Alyxia Gita Stellata, S. T. K. M. K., Yolanda Handayani, S. K. M. M. K. M., Pattola, S. K. M. K., & others. (2023). Biostatistik Dasar. Kaizen Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=keGlEAAAQBAJ

Ponikem. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bermakna Peserta Didik dengan TTS Readers. 4(2), 86–92.

Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., & others. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=B5t1EAAAQBAJ

Pujiasih, E. (2021). Increasing Reading Competence of Recount Text through Jigsaw Learning Model with Picture of “Sungai Kehidupan.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 161–168. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.187

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=CO9IEAAAQBAJ

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Statistika. Airlangga University Press. https://books.google.co.id/books?id=x0V7DwAAQBAJ

Silvia, S. W. L. (2008). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA JURNAL BACA HARIAN. 282. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Sofie Dewayani, dkk. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah.

Sugatri, O. M. (2015). “Sedekah Ilmu” Penumbuhan Budaya Literasi Pada Siswa Melalui Perpustakaan Pojok Kelas Untuk Membangun Generasi Emas Di Sma N 1 Bantul.

Sugiyati. (2017). Upaya Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Media Kartu Huruf dan Kartu Kata. Ideguru, 2(1), 34.

Suliyanti, & Siti, R. (2023). Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Implementasi program literasi berbasis Tri N di SD Negeri Panggang Tanjungsari. 9(2), 151–164. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.12503

Suryaningsih, A. (n.d.). Gagasan Pengembangan Augmented Reality pada Buku Bacaan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa ( Adaptasi Percepatan Literasi dari Korea Selatan ) Ideas for Developing Augmented Reality in Books As an Effort to Increase Student Reading Interest ( Ada. 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.80

Waliyuddin, D. S., & Sulisworo, D. (2022). High Order Thinking Skills and Digital Literacy Skills Instrument Test. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 47–52. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.310

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096