Analisis Peningkatan Kompetensi Guru di MGMP Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Kabupaten Demak

  • Zarkasi Zarkasi MA Miftahussalam Demak, Jawa Tengah,  Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8336-4031
  • M. Afief Mundzir Kantor Kementerian Agama Demak, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Abdul Rokhim Kantor Kementerian Agama Demak, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Parsidi Parsidi MA Miftahussalam Demak, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Julhadi Julhadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis praktik pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh para guru al-qur’an hadis Madrasah Aliyah di Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah yang tergabung dalam MGMP. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara. Selanjutnya data dianalisis menggunakan beberapa langkah: pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru al-qur’an hadis MA di Demak masih klasikal, didominasi ceramah, media dan metode pembelajaran yang digunakan kurang variatif serta adaptif, pembelajarannya masih berfokus pada guru (belum berfokus pada siswa), belum banyak memanfaatkan teknologi atau internet serta belum mengarahkan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menghasilkan analisis bahwa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran para guru maka langkah yang harus dilakukan adalah memperbanyak inovasi dan ilmu lewat berbagai pelatihan online maupun offline, mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) dan meningkatkan kualifikasi pendidikannya menuju jenjang magister dan doktor agar kualitas dan kompetensi para guru meningkat serta kualitas pembelajarannya juga lebih kontekstual dan menyenangkan bagi peserta didik yang sedang belajar.

Kata Kunci: al-qur’an hadis, praktik pembelajaran, MGMP

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Zarkasi Zarkasi, MA Miftahussalam Demak, Jawa Tengah

Zarkasi merupakan seorang Guru di Madrasah Aliyah Miftahussalam Wonosalam Demak Jawa Tengah Indonesia dan merupakan alumni dari Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2019. Nomor Whatsapp : 085727444550

M. Afief Mundzir, Kantor Kementerian Agama Demak, Jawa Tengah

M. Afief Mundzir merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Demak Jawa Tengah, Indonesia.

Abdul Rokhim, Kantor Kementerian Agama Demak, Jawa Tengah

Abdul Rokhim merupakan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kementerian Agama Demak Jawa Tengah, Indonesia

Parsidi Parsidi, MA Miftahussalam Demak, Jawa Tengah

Parsidi adalah seorang Kepala Madrasah pada Madrasah Aliyah Miftahussalam Wonosalam Demak Jawa Tengah, Indonesia.

Julhadi Julhadi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Julhadi adalah Dosen yang berafiliasi pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia.

Diterbitkan
2023-11-29
Bagaimana cara mengutip:
Zarkasi, Z., Mundzir, M. A., Rokhim, A., Parsidi, P., & Julhadi, J. (2023). Analisis Peningkatan Kompetensi Guru di MGMP Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Kabupaten Demak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 95-102. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.744
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 266 times
PDF downloaded: 100 times

Referensi

Abdullah, M. (2019). School Culture to Serve Performance of Madrasah in Indonesia. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 7(1). https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4809

Ainissyifa, H., & Nurseha, A. K. (2022). Contextualizing Mahmud Yunus’ Islamic Education Concept in Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 87–100. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.19117

Amaly, A. M., Herdiana, Y., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2023). The Necessity and Reality of Islamic Religious Education in Schools. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1). https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.13190

Arifin, S., Huda, M., & Mufida, N. H. (2023). Developing Akhlak Karimah Values through Integrative Learning Model in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24443

Helmy, M. I., Jumadil Kubro, A. D., & Ali, M. (2021). The understanding of Islamic Moderation (wasatiyyah al-Islam) and the hadiths on inter-religious relations in the Javanese pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2). https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.351-376

Ijudin, I., Wakila, Y. F., & Anton, A. (2022). Implementing Active Learning to Increase Student’s Learning Interest in Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 51–62. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.17437

Karim, A. (2022). Integration of Religious Awareness in Environmental Education. Qudus International Journal of Islamic Studies, 10(2). https://doi.org/10.21043/qijis.v10i2.14404

Latuapo, R. (2023). Module-Based Training for Teacher Professional Development in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24934

Mu’minatin, N., & Zarkasi, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(1), 66–79. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i1.2013

Muhamad Basyrul Muvid, M. P. (2020). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer (Engkus Kuswandi (ed.); Cet. I). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mujani, S., Liddle, R. W., & Irvani, D. (2023). Islamism and Muslim Support for Islamist Movement Organizations: Evidence from Indonesia. Studia Islamika, 30(1). https://doi.org/10.36712/sdi.v30i1.33369

Mulyana, R., Kurahman, O. T., & Fauzi, R. (2023). Professional Development for Islamic Religious Education and Madrasah Teacher. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.23511

Mustafid, A. S., Marhumah, M., & Zarkasi, Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Al- Qur ’an Hadits Menggunakan Pendekatan Tahapan Perkembangan Anak untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 16–44. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v8i1.14322

Mutawali, M. (2023). Maqāṣid al-Sharī‘a as the Foundation of Islamic Moderation: Theo-Philosophical Insight against Extreme Religious Ideology. Ulumuna, 27(1), 341–366. https://doi.org/10.20414/ujis.v27i1.560

Nasir, M., & Rijal, M. K. (2021). Keeping the middle path: mainstreaming religious moderation through Islamic higher education institutions in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2). https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.213-241

Purwanto, Y., Saepudin, A., & Sofaussamawati. (2023). The Development Of Reflective Practices For Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24155

Rohmatulloh, D. M., As’ad, M., & Malayati, R. M. (2022). Gus Baha, Santri Gayeng, and The Rise of Traditionalist Preachers on Social Media. Journal of Indonesian Islam, 16(2). https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.2.303-325

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Kasmiati, Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’ Religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.22977

Wahyono, S. B., Budiningsih, A., Suyantiningsih, & Rahmadonna, S. (2022). Multicultural Education And Religious Tolerance Elementary School Teachers’ Understanding of Multicultural Education in Yogyakarta. Al-Jami’ah, 60(2). https://doi.org/10.14421/AJIS.2022.602.467-508

Zarkasi Zarkasi. (2021). Development Of Subject Teacher Consultation Management In Improving The Competence Of The Qur’an Hadits’ Teachers In Madrasah Aliyah In Demak District Benchmarking towards MGMP D.I. Yogyakarta Province. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 9(2), 117–150. https://doi.org/10.21093/sy.v9i2.3839

Zarkasi Zarkasi. (2023). Implementation of Internet-Integrated Qur’an Hadith Teaching Materials to Improve Digital Literacy of Students MAS Miftahussalam Demak Regency. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 2, 397–402. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1043