Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Keragaman Pakaian Adat Daerah

  • Mega Damayanti PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Zerri Rahman Hakim PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Reksa Adya Pribadi PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Sigit Setiawan PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Pengembangan media penelitian ini digunakan untuk mempelajari keberagaman pakaian adat daerah yang diberikan nama “LAGA PATI (Ular Tangga Pakaian Adat Indonesia)” untuk peserta didik kelas IV-B di SDN Pluit 03. Tujuan pada penelitian ini ingin memperoleh informasi mengenai keterlibatan guru pada proses pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga, informasi mengenai respons peserta didik pada media pembelajaran permainan ular tangga, informasi peningkatan pemahaman peserta didik pada keragaman pakaian adat daerah setelah menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga, dan informasi kelayakan media pembelajaran permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, dissemination). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket/kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Melibatkan guru kelas  dapat membantu peserta didik untuk menemukan karakteristik gaya belajar yang sesuai dengan kebutuhannya; (2) Respons peserta didik kelas IV-B di SDN Pluit 03 membawa dampak pada aspek sosial dan sikap peserta didik; (3) Pemahaman peserta didik kelas IV-B di SDN Pluit 03 mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata pre-test 59 yang berkategori “Perlu Bimbingan” meningkat setelah post-test memperoleh rata-rata 98 dengan kategori “Sangat Baik”, dan (4) Rata-rata hasil uji validasi ahli diperoleh skor persentase kelayakan sebesar 90,75% pada kategori “Sangat Layak”.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Pakaian Adat Daerah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mega Damayanti, PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten

Mega Damayanti, studi Strata Satu (S1) jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten. (082246025001)

Diterbitkan
2023-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Damayanti, M., Hakim, Z. R., Pribadi, R. A., & Setiawan, S. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Keragaman Pakaian Adat Daerah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 797-807. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.733
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 269 times
PDF downloaded: 230 times

Referensi

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 8(2), 136–142. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377

Kurniawan, A. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. IIPSI: Jurnal Ilmiah Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250

Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar , 3(2), 23–30.

Pribadi, R. A., & Rahmawati, I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di SD IT Irsyadul Ibad 2 Pandeglang. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 736–750. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.251

Ramadhina, D., & Rohman, I. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(1), 117–123. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) KajianTeoritis dan Aplikatif. Literasi Nusantara.

Saputri, R. M., Suminar, Y. A., & Hidayat, L. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Tinagrahita Kelas III SLB PGRI Sentolo Kulon Progo. Jurnal Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 2(2), 237–248.

Saragih, N. (2022). Penggunaan Metode MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi) Dalam Pembelajaran Bahasa. SKYLANDSEA PROFESIONAL : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 206–209.

Setiawati, E., Desri, & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal PETIK, 5(1), 85–91.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.