Improving Students' Reading Comprehension of Narrative Text Through Problem Based Learning

  • Rianti Rianti Siliwangi Tasikmalaya University, West Java,  Indonesia
  • Mira Yuniati Siliwangi Tasikmalaya University, West Java,  Indonesia
  • Soni T Tandiana Siliwangi Tasikmalaya University, West Java,  Indonesia
  • Ipah Muzdalipah Siliwangi Tasikmalaya University, West Java,  Indonesia
  • Yusup Supriyono Siliwangi Tasikmalaya University, West Java,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif bahasa Inggris siswa melalui pembelajaran berbasis masalah di SMAN 5 Tasikmalaya Kelas X pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini berkaitan dengan bagaimana menggunakan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hal ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dapat diklasifikasikan menjadi kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis dengan nilai pretest dan posttest siswa. Berdasarkan data kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa secara efektif. Siswa dapat memperoleh informasi dari teks dengan baik. Teks bacaan yang diberikan dapat membuat siswa merasa tertarik dan dapat meningkatkan kemampuan menganalisis teks tersebut. Hasilnya, mereka melakukan pemahaman yang lebih baik. Temuan penelitian ini juga didukung oleh hasil rata-rata nilai pemahaman membaca siswa yang meningkat dengan baik dari 68 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Singkatnya, penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa.

Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, pemahaman membaca, teks naratif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-02
Bagaimana cara mengutip:
Rianti, R., Yuniati, M., Tandiana, S. T., Muzdalipah, I., & Supriyono, Y. (2024). Improving Students’ Reading Comprehension of Narrative Text Through Problem Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 444-448. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.730
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 412 times
PDF (English) downloaded: 224 times

Referensi

Alderson J, C. (2000). AssessingReading. Cambridge University Press.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House. A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 2, 83. https://doi.org/http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/00098650903505415#.V4ng kPl97IU

Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. 4. Ed. Addison Wesley Longman, Inc.

Doman, E., and Webb, M. (2017). The flipped experience for Chinese university students studying English as a foreign language. TESOL Journal, 1(8), 102–141.

Friska, Y. (2018). IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT THROUGH PROJECT BASED LEARNING Yuliana Friska Universitas Pamulang. ELT-Echo, 3(1), 47–58.

Ghufron, M. A., and Ermawati, S. (2018). The strengths and weaknesses of cooperative learning and problem-based learning in EFL writing class: Teachers’ and students’ perspectives. International Journal of Instruction, 4(11), 657–672.

Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching (3rd Ed.). Pearson Education Limited.

Izzaty, R. E. (2006). Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Paradigma, 01.

Kaganang, G. (2019). The Use of Problem-Based Learning to Improve Students’ Reading Comprehension at the First Grade Students of Senior High School 1 of Middle Halmahera. Langua: Journal of Linguistics, Literature, and Language Education, 2(1), 45–53. https://doi.org/http://doi.org/10.5281/zenodo.2588119

Robert, B., & Brown, E. B. (2004). The GMAT Reading Comprehension (V. Crayne (ed.); Issue 1). Maven Publishing.

Sari, N. M., and Faiz, N. S. M. (2021). Internationalization of higher education: the activity–process approach at Universiti Tun Hussein onn Malaysia. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(1), 7–10.

Soruç, A., and Griffiths, C. (2018). English as a medium of instruction: students’ strategies. Elt Journal, 1(72), 38–48.

Syahfutra, W., & Niah, S. (2019). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Problem-based Learning.. Improving Students’ Reading Comprehension by Using Problem-based Learning Strategy. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 125–136. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1246#:~:text=Problem-based learning (PBL),order to solve a problem.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Widiseta, D. (2016). Improving students’ reading comprehension through project based learning (PBL) for grade xi students at SMA N 1 Teladan Yogyakarta in the academic year of 2016/2017.

Zulkipli. (2017). The Use of Problem Based (PBL) Learning in Teaching Reading. Voices of English Language Education Society (VELES ), 1(1), 11–15. https://doi.org/10.29408/veles.v1i1.390