Improving Students' Reading Comprehension of Narrative Text Through Problem Based Learning
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif bahasa Inggris siswa melalui pembelajaran berbasis masalah di SMAN 5 Tasikmalaya Kelas X pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini berkaitan dengan bagaimana menggunakan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hal ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dapat diklasifikasikan menjadi kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis dengan nilai pretest dan posttest siswa. Berdasarkan data kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa secara efektif. Siswa dapat memperoleh informasi dari teks dengan baik. Teks bacaan yang diberikan dapat membuat siswa merasa tertarik dan dapat meningkatkan kemampuan menganalisis teks tersebut. Hasilnya, mereka melakukan pemahaman yang lebih baik. Temuan penelitian ini juga didukung oleh hasil rata-rata nilai pemahaman membaca siswa yang meningkat dengan baik dari 68 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Singkatnya, penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Rianti Rianti, Mira Yuniati, Soni T Tandiana, Ipah Muzdalipah, Yusup Supriyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

