Implementasi Asesmen Pembelajaran IPA berbantuan Aplikasi Digital: Studi Fenomenologi di Sekolah Thailand

  • Ismi Aryanti Khusnul Khatimah Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Purwo Susongko Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Mobinta Kusuma Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Sutita Taowato Annuban Wang Mai Sasanasart School,  Thailand

Abstrak

Asesmen pembelajaran merupakan salah satu penilaian yang dilakukan untuk memperoleh informasi terkait dengan hasil ketercapaian kompetensi peserta didik pada setiap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan digital asesmen pembelajaran IPA yang dilakukan di salah satu sekolah yang terletak di provinsi Satun-Thailand Selatan, serta hambatan dan solusi yang dihadapi. Desain penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 siswa dan 1 guru mata pelajaran IPA yang ada di salah satu sekolah yang terletak di provinsi Satun-Thailand Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya, dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan digital asesmen dalam pembelajaran IPA dengan memanfaatkan teknologi yang ada, meskipun masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Peneliti merekomendasikan agar guru IPA dapat memahami karakteristik setiap peserta didik, serta harus mampu memberikan bimbingan maupun pengajaran yang berkaitan dengan cara-cara dalam memahami maupun menganalisis berbagai pertanyaan yang ada.

Kata Kunci: Asesmen Pembelajaran, Inovasi Asesmen, Pembelajaran IPA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-11-21
Bagaimana cara mengutip:
Khatimah, I. A. K., Susongko, P., Kusuma, M., & Taowato, S. (2023). Implementasi Asesmen Pembelajaran IPA berbantuan Aplikasi Digital: Studi Fenomenologi di Sekolah Thailand. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 62-70. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.717
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 192 times
PDF downloaded: 115 times

Referensi

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis digital. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

Awwaliyah, Z. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Tha-It Suksa School Nonthaburi Bangkok Thailand.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1).

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, E. (2022). Pendidikan Islam Informal Dan Peran Sumber Daya Manusia Dalam Perkembangan Masyarakat: Studi Evaluasi Teoretis. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 24–37.

Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 Di Min 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932–7940.

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas asesmen autentik dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 77-87.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic literature review: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.

Sudrajat, D. (2019). Asesmen pembelajaran bahasa inggris: Model dan pengukurannya. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-20.

Sudarwan, R. E., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat assessment pembelajaran matematika pokok bahasan geometri dan pengukuran SMP/MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 251-261.

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222-232.

Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325-338.

Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia dan Perbedaan Dengan Kurikulum Di Beberapa Negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 95-106.