The Impact of Economics Education on The Frugal Lifestyle Attitude of 12th-Grade Students
Abstrak
Sikap hemat pada diri siswa salah satunya dipengaruhi oleh pemahaman siswa terhadap pembelajaran ekonomi yang diajarkan oleh guru kepada siswa. Pembelajaran ekonomi salah satu pembelajaran yang dinamis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa seperti konsep kebutuhan, skala prioritas, prinsip ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran ekonomi terhadap sikap hidup hemat pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Proses pembelajaran ekonomi di MAN 1 Terbanggi Besar terdapat beberapa tahapan yaitu (a) tahap pra intruksional merupakan tahap awal dalam proses belajar mengajar yang terdiri dari Guru menanyakan kehadiran siswa, bertanya kepada siswa mengenai pembahasan sebelumnya, mengadakan post test dan pre-test, mengulang kembali materi yang lalu secara singkat. (b) Tahap Instruksional merupakan tahap penyajian bahan pelajaran yang sudah disiapkan oleh guru yang terdiri dari menjelaskan tujuan pembelajaran, menyampaikan bahan materi, menyajikan contoh-contoh konkret, menggunakan alat dan media, menyimpulkan hasil pembahasan. (c) Tahap Evaluasi merupakan tahap yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tahap kedua yaitu tahap instruksional. 2) Dampak Pembelajaran Ekonomi terhadap Sikap Hidup Hemat Siswa Kelas XII di MAN 1 Terbanggi Besar meliputi: (a) memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan, (b) Bijak dalam berbelanja, (c) Hidup sederhana, (d) Displin menabung.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Anggi Septia Nugroho, Ulil Albab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

