Tinjauan Komprehensif Sociopreneurship dalam Konteks Pendidikan: Suatu Analisis Bibliometrik

  • Rizki Oktavianto Magister Sains Akuntansi, Universitas Gadjah Mada, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Survei angkatan kerja nasional yang diselenggarakan oleh BPS tahun 2023 menunjukkan bahwa lulusan pendidikan menengah cenderung mendominasi tingkat pengangguran terbuka. Penguatan kewirausahaan pada peserta didik melalui social entrepreneurship (sociopreneurship) dapat menjadi alternatif solusi peningkatan keterserapan lulusan di dunia kerja. Ragam kebijakan dan praktik baik dalam penguatan sociopreneurship pada ranah pendidikan tentunya memerlukan dukungan dari hasil-hasil riset agar tercapai tujuannya secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis berbagai literatur ilmiah menggunakan analisis bibliometrik untuk menemukan topik utama, sumber, penulis, artikel yang banyak dikutip, dan negara-negara yang membahas tentang sociopreneurship dalam ranah pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan memahami struktur konseptual, intelektual, dan sosial dari literatur terkait sociopreneurship dalam pendidikan. Analisis bibliometrik dalam penelitian ini difokuskan pada artikel jurnal terindeks Scopus yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2013 hingga 2023. Hasil penelitian disajikan dalam dua bagian. Pertama, analisis kuantitatif terkait gambaran umum sociopreneurship dalam konteks pendidikan disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan pemetaan. Pada analisis ini ditemukan sebanyak 610 artikel terpublikasi. Kedua, melakukan kajian literatur dari lima literatur yang memiliki sitasi terbesar. Hasil penelitian bermuara pada suatu konklusi bahwa prospek riset ke depan terkait sociopreneurship dalam pendidikan masih relatif tinggi. Penelitian terkait pengembangan model, strategi, dan media pembelajaran yang mengintegrasikan konten sociopreneurship baik secara intrakurikuler maupun ekstrakurikuler dapat menjadi topik yang relevan untuk kajian-kajian selanjutnya.

Kata Kunci: Bibliometrik, Biblioshiny, Pendidikan, Sociopreneurship

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rizki Oktavianto, Magister Sains Akuntansi, Universitas Gadjah Mada, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rizki Oktavianto lahir di Bantul tanggal 31 Oktober 1999. Menempuh pendidikan S1 di program studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta dan lulus tahun 2022. Saat ini tengah menempuh pendidikan S2 pada program studi Magister Sains Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada. Penulis dapat dihubungi melalui whatsapp di nomor 0858-0454-1571 dan email oktaviantorizki31@gmail.com

Diterbitkan
2023-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Oktavianto, R. (2023). Tinjauan Komprehensif Sociopreneurship dalam Konteks Pendidikan: Suatu Analisis Bibliometrik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 808-815. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.711
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 241 times
PDF downloaded: 196 times

Referensi

Aria, M., & Cuccurullo, C. (2017). bibliometrix : An R-tool for comprehensive science mapping analysis. Journal of Informetrics, 11(4), 959–975. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.08.007

Badan Pusat Statistik. (2023, May 5). Februari 2023: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,45 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,94 juta rupiah per bulan. https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/05/05/2001/februari-2023--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-45-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2-94-juta-rupiah-per-bulan.html

Bendickson, J., Matherne, C. F., Credo, K. R., Franques, M. C. O., & Sheats, L. (2021). Assessing entrepreneurial types and goals with diverse student groups. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 6(1), 211–222. https://doi.org/10.1177/25151274211029012

Bornstein, D., & Davis, S. (2010). Social entrepreneurship. Oxford University Press.

Carraher, S. C., Carraher, S. M., & Welsh, D. H. B. (2021). Social entrepreneurship. In World Encyclopedia of Entrepreneurship. Edward Elgar Publishing.

Cruz-Sandoval, M., Vázquez-Parra, J. C., Alonso-Galicia, P. E., & Carlos-Arroyo, M. (2023). Perceived achievement of social entrepreneurship competency: The influence of age, discipline, and gender among women in higher education. Sustainability, 15(13), 9956. https://doi.org/10.3390/su15139956

Ge, X., & Wang, J. (2022). A meta-analysis of the relationship between financing efficiency and entrepreneurial vitality: Evidence from chinese college students. Sustainability, 14(17), 10826. https://doi.org/10.3390/su141710826

Hernandez-Cruz, N. (2021). Mapping the thematic evolution in Communication over the first two decades from the 21st century: A longitudinal approach. Iberoamerican Journal of Science Measurement and Communication, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47909/ijsmc.88

Klarin, A., & Suseno, Y. (2022). An integrative literature review of social entrepreneurship research: Mapping the literature and future research directions. Business & Society, 62(3), 565–611. https://doi.org/10.1177/00076503221101611

Xiang, X., Wang, J., Long, Z., & Huang, Y. (2022). Improving the entrepreneurial competence of college social entrepreneurs: Digital government building, entrepreneurship education, and entrepreneurial cognition. Sustainability, 15(1), 69. https://doi.org/10.3390/su15010069

Yu, J., & Muñoz-Justicia, J. (2020). A bibliometric overview of twitter-related studies indexed in web of science. Future Internet, 12(5), 91. https://doi.org/10.3390/fi12050091

Yunus, M. (2012). Creating a poverty-free world. Asia Pacific World, 3(2), 4–16. https://doi.org/10.3167/apw.2012030202

Zhao, G., Li, G., Jiang, Y., Guo, L., Huang, Y., & Huang, Z. (2022). Teacher entrepreneurship, co-creation strategy, and medical student entrepreneurship for sustainability: Evidence from China. Sustainability, 14(19), 12711. https://doi.org/10.3390/su141912711