Pengembangan Microblog berbantuan Instagram dalam Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Kediri

  • Nurul Azizah Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Muhammad Abdul Ghofur Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Materi perdagangan internasional menjadi materi dengan banyak istilah asing yang jarang didengar oleh peserta didik, sehingga peserta didik perlu daya ingat yang kuat. Untuk itu diperlukan pengembangan media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media microblog berbantuan media sosial Instagram dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi kelas XI MAN 2 Kediri. Penelitian R&D ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan subyek penelitian 25 peserta didik dengan menggunakan One Group Pre-test dan Post-test Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya ingat peserta didik dapat meningkat karena adanya pengulangan informasi materi pembelajaran ekonomi dari konten pada microblog @nomiclearn yang diunggah setiap harinya, sehingga informasi tersebut dapat masuk ke Long Term Memory. Ketika peserta didik memerlukan informasi tersebut, mereka dapat memanggil ingatan dan memproses informasi sebelumnya dengan mudah sehingga hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Microblog berbantuan Instagram ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran ekonomi karena dapat membantu aktivitas belajar secara mandiri, belajar lebih menyenangkan, dan meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Microblog berbantuan Instagram, Pelajaran Ekonomi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-13
Bagaimana cara mengutip:
Azizah, N., & Ghofur, M. A. (2024). Pengembangan Microblog berbantuan Instagram dalam Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Kediri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1387-1394. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.707
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 57 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Amodio, A. (2023, January 14). Pantone’s 2023 Color of the Year Is an Unsuspecting Traveler’s Dream — Here’s Where You Can See It Around the World. Travel Leisure. https://www.travelandleisure.com/pantone-color-of-the-year-2023-viva-magenta-7093300

Anne, S. (2022). Top Graphic Design Trends in 2023: What’s Coming in 2023 + Expert Tips. Sammy Travis. https://sammytravis.com/graphic-design-trends-in-2023/

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif (1st ed.). Kencana.

Hasanudin, D., & Adityawan, O. (2020). Perkembangan Flat Design dalam Web Design dan User Interface ( UI ). Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 5(2), 134–144.

Ismail, M. I. (2011). Pemberian Rangkuman sebagai Strategi Pembelajaran. Jurnal Formatif, 1(1), 48–57.

Jubilee Enterprise. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, & Desain Grafis. Elex Media Komputindo.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia — Data Reportal – Global Digital Insights. We Are Social. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kristiana, T. A., & Soerjoatmodjo, G. W. L. (2022). Meningkatkan Daya Ingat dalam Belajar. In G. W. L. Soerjoatmodjo (Ed.), Bunga Rampai Psikologi Pendidikan. Universitas Pembangunan Jaya.

Suminar, T. (2019). Tinjauan Filsafati (Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi) Manajemen Pembelajaran berbasis Teori Sibernetik. Edukasi, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i2.961

Thahadi, M. (2021). Smart Learning Skill 4.0. Deepublish.

Tolinggi, S. O. R. (2021). Microblog pada Instagram sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII 2021, 3(1), 40. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/974

Wardana, M. A. W., Rizqina, A. A., Salsabilah, A. N., Handayani, D. A. P., Dewi, S. M., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dengan Model Microblogging sebagai Pembelajaran Teks Prosedur Tingkat SMP. Lingua Franca: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 53–66.

Widasati, A. (2021). Pengaruh Peletakan Komposisi Warna Monochrome pada Bidang Window Display Terhadap Ketertarikan Pengunjung. Journal of Applied Science (Japps), 3(1), 049–058. https://doi.org/10.36870/japps.v3i1.199

Zainudin, A. (2021). Tipografi. In A. P. Hadi (Ed.), Yayasan Prima Agus Teknik (Vol. 3, Issue 1). Yayasan Prima Agus Teknik.