Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal “Manurih Gatah” melalui Teori Belajar Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar

  • Sukma Ayu Kharismawati Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan,  Indonesia

Abstrak

Kajian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan teori belajar humanistik dalam hubungannya dengan kearifan lokal, khususnya melalui pengenalan fungsi manurih gatah, sebagai sarana memanusiakan individu. Kemanjuran upaya pendidikan bergantung pada pemahaman peserta didik sehubungan dengan lingkungan dan identitas pribadi mereka. Dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan secara bertahap mencapai aktualisasi diri secara cakap. Penelitian dilakukan di SDN Remo yang terletak di Desa Remo, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar. Metodologi yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, termasuk observasi dan wawancara. Temuan studi menunjukkan bahwa penerapan teori belajar humanistik, ditambah dengan penggabungan kearifan lokal dalam proses pengajaran, dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Pendekatan pembelajaran IPS yang memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar terbukti dapat menumbuhkan pembelajaran kontekstual dan mengutamakan kemampuan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Memasukkan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam pembelajaran IPS diwujudkan dengan menanamkan nilai-nilai etika, moral, dan agama melalui keteladanan, nasihat, dan bimbingan. Hal ini dilengkapi dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah.

Kata Kunci: pembelajaran IPS, kearifan lokal, teori belajar humanistik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sukma Ayu Kharismawati, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Sukma Ayu Kharismawati, Lahir di Jakarta 03 Oktober 1988. Penulis menempuh pendidikan S1 pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan saat ini sedang menjalani pendidikan S2 pada Program Studi Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat. Penulis berstatus sebagai tenaga pendidik di SDN Remo Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Selain rutinitas aktivitas akademik, penulis juga aktif melakukan publikasi pada jurnal nasional terakreditasi. Beberapa karya tulis yang telah dipublikasikan “Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SDN Remo (Jurnal Buana Pendidikan, 2022) dan “Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil (Jurnal Ideguru, 2022). Adapun buku yang pernah ditulis oleh penulis “Belajar Bersama Di Teras Nusantara” (Penerbit Garudhawaca, 2022).

Diterbitkan
2023-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Kharismawati, S. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal “Manurih Gatah” melalui Teori Belajar Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 782-789. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.706
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 624 times
PDF downloaded: 761 times

Referensi

Alma, B. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dikdas, T. G. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru.

Hanif, M. (2016). Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pendidikan Karakter). Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(2), 132–141. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i2.1036

Holilah, M. (2015). Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar IPS. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2).

Ideham, M. S. (2007). Urang Banjar dan kebudayaannya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kardiyono. (1980). Mengajar Konsep Ilmu pengetahuan Sosial. Jakarta: P3G Departemen P & K.

Mahardika, A. (2017) Penanaman Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7(2). 16-27.

Mahendra, H. H., & Febriani, W. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Pendidikan Humanistik Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 7-14.

Mutiani. (2016). Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar IPS untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 199-208.

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.

Printina, B. I. (2019). Membumikan Moral Dan Cita Benih Bangsa. Deepublish.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sifatu, W. O. (2014). Perubahan, Kebudayaan, dan agama: Perspektif Antropologi Kekuasaan. Jurnal Kajian Budaya, 10(20).

Somantri, M. N. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subiyakto, B., Syaharuddin, S, dan Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul Dalam Masyarakat Banjar Di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya 31(2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JVK/article/view/3993.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137-166.

Syukriyati, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tari Bambu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 90-103.

Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 1(1), 1-11.

Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Buwana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Pendidikan Karakter, 2(3), 329-339.

Wahab, A. A. (2008). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

Widyanti, T. (2015). Penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya masyarakat kampung adat Cireundeu sebagai sumber pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 157-162.

Zuhri, M. (2018). Conference Series: Earth and Environmental Science. 203(1), 012033, 2018.