Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V dengan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Tabung Misteri

  • Novita Puspita Sari Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Asesmen kompetensi minimum dilakukan pada semua tingkat pendidikan untuk menilai kemampuan literasi serta numerasi peserta didik. Kemampuan numerasi siswa SD Negeri Langgenharjo 01 tergolong rendah. Berdasarkan studi pendahuluan, siswa diberikan tes numerasi yang hasilnya rata-rata kelas hanya mencapai 75% yang tuntas. Penelitian bertujuan untuk mengukur seberapa besar peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas V sekolah dasar menggunakan model two stay two stray berbantuan tabung misteri. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperemental tipe one group pretest posttest. Sampel berjumlah 28 siswa kelas V sekolah dasar. Instrumen yang digunakan tes kemampuan numerasi pretest posttest. Teknik pengumpulan data tes numerasi dianalisis memakai uji N-gain. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas V sekolah dasar memakai model two stay two stray berbantuan tabung misteri sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan dengan model two stay two stray berbantuan tabung misteri pada siswa kelas V sekolah dasar. Paparan yang disampaikan bisa berguna untuk peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: kemampuan numerasi, tabung misteri, Two Stay Two Stray

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Novita Puspita Sari, Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah

Novita Puspita Sari lahir tanggal 28 November 2000 di Pati. Putri kedua dari Bapak Saekan dan Ibu Suharni. Sekarang berjuang mendapatkan gelar sarjana di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus dengan mengambil program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Diterbitkan
2023-08-14
Bagaimana cara mengutip:
Sari, N. P., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V dengan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Tabung Misteri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 704-712. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.696
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 411 times
PDF downloaded: 311 times

Referensi

Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento. Meyda Noorthertya, & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kemendikbud. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/

Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5363–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508

Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pebelajar. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42.

Bustami, N. H., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Pendekatan Iceberg melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6175–6181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3192

Ekowati, D. W., & Suwandayangi, B. I. (2019). Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar. UMM Press.

Febrianti, D., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2022). Kemampuan Numerik pada Anak SD yang Memiliki Latar Belakang Keluarga TKW. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5700–5705. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.770

Herawati, R. (2022). Penerapan Model Gradual Release of Responsibility dalam Penguatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22–31.

Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234.

Lestari, K. E., & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Lestari, S. D., Khamdun, K., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. AS-SABIQUN, 5(2), 592–603. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3125

Liliawati, W., Setiawan, A., Rahmah, S., & Dalila, A. A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. 1(1), 19–29.

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 351–360.

Sari, N. M., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2020). Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Pletokan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 219–224. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.376

Sholeh, A., & Fahrurozi, F. (2021). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1743–1753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022

Sihombing, C., Hutauruk, D. S., & Efendi, S. (2018). Pengaruh Model Problem Basic Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pengetahuan Metakogitif Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jpb.v8i1.11127

Sriningsih, C. (2023). Bimbingan Berkelanjutan Mampu Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Berbasis Literasi Numer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 454–459.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, C., & Sari, P. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. JP2, 4(1), 101–110.

Wardana, W. R., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 20–24.

Wardani, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Universitas Islam Malang.

Wardayadi, W. (2023). Penerapan Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Keseimbangan Pasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 577–584.

Widarti, W. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 93–100.

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. 05(02), 1687–1699.