Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak

  • Afi Choirina Muqtafia Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Saat ini, banyak penyimpangan yang terjadi pada siswa, misalnya kejahatan terhadap teman, bullying, dan lain-lain. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan di SD 1 Bakalan Krapyak bahwa beberapa siswa masih ada yang mengejek teman, bullying, dan lain-lain. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum mengerti pentingnya sikap toleransi. Toleransi merupakan sikap yang saling menghargai serta menghormati perbedaan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Sikap toleransi dapat diterapkan dimanapun pada lingkungan keluarga sekolah, dan masyarakat. Sikap toleransi dapat diterapkan dilingkungan sekolah salah satunya melalui budaya sekolah. Budaya sekolah adalah kebiasaan yang sering dilakukan warga sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menceritakan sikap toleransi melalui budaya sekolah SD 1 Bakalan Krapyak. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif berorientasi naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi melalui budaya sekolah SD 1 Bakalan Krapyak sudah berjalan dengan baik melalui beberapa kegiatan yaitu kegiatan religius, kegiatan pembiasaan hidup bersih, kegiatan keakraban, kegiatan nasionalis, kegiatan literasi dan ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Analisis, sikap toleransi, budaya sekolah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Muqtafia, A. C., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 769-774. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.695
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 189 times
PDF downloaded: 133 times

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; 1st ed.). CV. Syakir Media Press.

Amin, M., Rofiki, A. A., Susdiyanto, & Yusuf, Muh. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Bertoleransi Antarumat Beragama Melalui Kegiatan Sekolah Di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura. 8(2), 316–325. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12361

Anggraini, M. S. A. (2017). Implementasi Pendidikan Krakter Melalui Budaya Sekolah Di SD N Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 151–158. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1877

Aningrum, E. (2019). Implementasi Pendidikan Krakter Toleransi Di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 20, 1911–1918.

Badi’ah, S. (2016). Penerapan Disiplin Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 46–54.

Bayu, D. C. P., Sa’diyah, K., Safitri, L. A., Dzulkarnaen, R. K., & Hi’mah, N. (2022). Implementasi Peningkatan Nilai Karakter Toleransi Melalui Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1059–1067.

Fithriyana, A. (2020). Strategi Guru BK Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 75–85.

Hayun, S. (2016). Perwujudan Sikap Toleransi Pada Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Pulau Morotai. EDUKASI Jurnal Pendidikan, 14(1), 404–410. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu

Hernawati, L., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Implementasi Budaya Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Wahidin Cirebon). Jurnal Pendidikan Manajamen Perkantoran, 7(2), 147–163. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i2.46206

Hero, H. (2021). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama Di SDK Nangahaledoi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 103–112.

Lindawati, Barsihanor, & Arifin, F. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural Untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Peserta Didik Di SDN 1 Guntur Manggis Banjarbaru. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 1–13.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (F. Annisa & Sukarno, Eds.). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Maharani, M. S., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD 3 Robayan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2519–2526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1869

Maulana, M. A. (2017). Pelaksanaan Toleransi Keberagaman Dalam Proses Pendidikan Agama Di Geeta School Cirebon. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 17–38.

Nadiroh, S. M., Purbasari, I, & Ermawati, D. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Journal on Education, 5(3), 8602–8609.

Oktaviana, F. R., Sukariyadi, T. I., & Harmawati, Y. (2022). Implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran PKn kelas 8A SMPN 2 Geger. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 528–537.

Sa’diyah, K., Khamdun, & Fardani, M. A. (2022). Nilai Toleransi Pada Film Semesta Karya Chairun Nissa. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.8632

Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233

Sanjaya, L. T., Madhani, L. M., & Arifah, M. N. (2022). Menyemai Toleransi di Lingkungan Pendidikan Inklusif. Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education, 2(1), 731–739.

Sari, R. I. (2020). Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 120–128.

Sayekti, A., Fajrie, N., & Fardani, Much. A. (2022). Nilai Religius dan Toleransi dalam Film Anmasi “Nusa dan Rara.” Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.; 1st ed.). Literasi Media Publishing.

Soryani, S. (2015). Penanaman Sikap Toleransi Di Kelas V SD Negeri Siyono III Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16, 1–10.

Wahyudi, S., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Budaya Sekolah di SMA Negeri 2 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 128–141. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1821

Yulianti, & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Toleransi Dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.