Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Animate CC 2019 Model PjBL Materi Pelayanan Prima di SMK Negeri 4 Surabaya

  • Siti Aminah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Ruri Nurul Aeni Wulandari Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan (1) kelayakan (2) respons para siswa kelas XI OTKP (3) terhadap pengembangan E-Modul. Pengembangan mengaplikasikan R & D (Research and Development) dengan menggunakan jenis model ADDIE yang telah dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996, akan tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahap awal yang terdiri dari Analysis; Design; Development or Production dikarenakan keterbatasan waktu dan kompetensi yang dibahas untuk mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan. Pengumpulan data diperoleh dari angket validasi para ahli baik materi, media, dan bahasa serta angket respons para siswa terhadap pengembangan e-modul yang telah dilakukan. Kelayakan e-modul didasarkan pada hasil validasi ahli materi, media, dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa e-modul berbasis software Adobe Animate CC (Creative Cloud) 2019 dengan model PjBL (Project Based Learning) pada materi pelayanan prima kepada pelanggan di SMKN 4 Surabaya termasuk dalam kategori sangat layak, baik dari aspek materi, media, maupun bahasa. Setelah melalui beberapa tahap revisi ataupun perbaikan, e-modul juga dinyatakan menarik dan membantu para siswa dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis software Adobe Animate CC (Creative Cloud) 2019 dengan model PjBL (Project Based Learning) pada materi pelayanan prima kepada pelanggan di SMKN 4 Surabaya hasilnya sangat layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Modul, Adobe Animate CC 2019, Pelayanan Prima Kepada Pelanggan, PjBL

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Aminah, S., & Wulandari, R. N. A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Animate CC 2019 Model PjBL Materi Pelayanan Prima di SMK Negeri 4 Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 729-738. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.687
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 611 times
PDF downloaded: 298 times

Referensi

Aisyah, B. N., Sutiadiningsih, A., Astuti, N., & Bahar, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Glideapps Pada Materi Pemilihan Dan Pemotongan Daging Bagi Siswa Kelas X SMK. Jurnal Tata Boga, 11(2), 155–163. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Astina, V., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Kelas Xii Otkp Smk Ipiems Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi-Sosia, 5(2), 126–134.

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html

Belwal, R., Belwal, S., Sufian, A. B., & Al Badi, A. (2020). Project-based learning (PBL): outcomes of students’ engagement in an external consultancy project in Oman. Education and Training, 63(3), 336–359. https://doi.org/10.1108/ET-01-2020-0006

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Fahmi, A. H. (2018). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Di Provinsi Papua Tahun 2011-2015. Universitas Islam Indonesia.

Farisyi, S. Al. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Contextual Teaching Learning Pada Pokok Bahasan Aljabar Untuk Siswa MTS. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Gomez-del Rio, T., & Rodriguez, J. (2022). Design and assessment of a project-based learning in a laboratory for integrating knowledge and improving engineering design skills. Education for Chemical Engineers, 40(February), 17–28. https://doi.org/10.1016/j.ece.2022.04.002

Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2020). HOTS-Oriented Module: Project-Based Learning. SEAMEO QITEP in Language.

Listiawati, E., Farida, N., Lathifah, G., Mardhiyah, A. D., & Sesty, R. H. (2022). Pengembangan Media Flipbook Digital “Get To Know About Ecosystem” Untuk Mata Pelajaran Ipa Ekosistem Kelas V Sdn Cinangka 3. Jurnal Pendidikan MINDA, 3(2), 91–98.

Muanas, I., & Mariono, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Android Materi Buku Digital Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Di Smk Negeri 2 Sudimoro Pacitan. Jurnal Mahasiswa Teknologi, 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/24031

Oktavia, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Berbasis Web di SMK Negeri 2 Wajo. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 1(1), 1–14.

Panduwinata, L. F., Wulandari, R. N. A., & Zanky, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Prosedur Penyimpanan Arsip. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5958

Permatasari, S. V. G., Pujayanto, P., & Fauzi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Genially Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis Model VAK Learning. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 11(2), 96. https://doi.org/10.20961/jmpf.v11i2.49235

Prameswari, J., Praherdhiono, H., & Husna, A. (2022). E-Book Berbasis Elaborasi Gambar Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 423. https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p423

Rambe, K., & Ristiono. (2022). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Smartphone tentang Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2), 1–12.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta Bandung.

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMKN PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Widina Bhakti Persada Bandung.

Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2018). Pengantar Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusunan Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Subastian, M. D., & Astuti, C. C. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X MM SMK PGRI 2 Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.21070/jicte.v4i2.1019

Th., M., Schaer, E., Abildskov, J., Feise, H., Glassey, J., Liauw, M., Ó’Súilleabháin, C., & Wilk, M. (2022). The importance/role of education in chemical engineering. Chemical Engineering Research and Design, 187, 164–173. https://doi.org/10.1016/j.cherd.2022.08.061

United Nations Development Programme. (2022). Human Development Insights. https://hdr.undp.org/data-center/country-insights#/ranks

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Winayarti, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Cercular Model of RD&D. KBM INDONESIA.

Wirawan, R. P., & Sulistiyo, E. (2020). Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(03), 507–516.

Zadok, Y. (2020). Project-based learning in robotics meets junior high school. Journal of Engineering, Design and Technology, 18(5), 941–958. https://doi.org/10.1108/JEDT-01-2019-0023