Penerapan PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proyek IPAS di Sekolah Menengah Kejuruan

  • Eko Mulyadi SMK Negeri 3 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan prestasi siswa dalam proyek IPAS di kelas XTE1. Dengan menerapkan model Problem-Based Learning (PBL), SMKN 3 Yogyakarta berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran pada topik keruangan dan konektivitas. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan selama 3 jam pembelajaran. Dalam rangkaian setiap kegiatan terdiri dari empat tahapan yakni merencanakan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penerapan model PBL dengan sintak yaitu orientasi masalah, pengorganisasian belajar, pembimbingan, hasil karya disajikan, menganalisa dan mengevaluasi pemecahan masalah. Aspek prestasi belajar diukur dengan pretes dan postes. Hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siklus I sebesar 36,75%, siklus II sebesar 45,84%, meningkat 9,09%. Prestasi hasil belajar siklus I rerata 64,8, siklus II rerata 87,0 sehingga ada peningkatan 22,2. Penerapan model PBL ini perlu diterapkan dalam pembelajaran karena terbukti bisa meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: problem Based learning, learning activities, learning achievement

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Eko Mulyadi, SMK Negeri 3 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama               : Eko Mulyadi

Pangkat/Gol.    : Pembina Tk.I/ IVb

Isntansi            : SMKN 3 Yogyakarta

No. HP             : 085643709542

Diterbitkan
2023-08-02
Bagaimana cara mengutip:
Mulyadi, E. (2023). Penerapan PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proyek IPAS di Sekolah Menengah Kejuruan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 653-660. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.684
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 444 times
PDF downloaded: 325 times

Referensi

Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kota Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-991. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2326

Mulyono, A.M. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanida, Titi. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas II Sekolah Dasar. Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13125

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Huda, M.(2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

I.A. Prasetya, R. Harimurti,F. Baskoro dan L. Rakhmawati. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Rajasa Surabaya. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n03.p19-28

Kepmendikbudristek No.262 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas keputusan Menteri Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Mulyadi, Eko .(2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 27-34. https://doi.org/10.51169/ideguru

Natawijaya, Rochman. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta : Depdiknas.

Nurkhikmah. (2013). Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA. Journal of Elementary Education . JEE 2(2). 19-24.

Permendikbud No.16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar, Dan jenjang Pendidikan Menengah.

Poerwadarminta, WJS. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: balai Pustaka.

Rimy, Yoko. (2008). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Bentuk Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta : LPMP.

Sianturi, Elisabet dkk. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Metode Demonstrasi. https://jurnal.untan.ac.id/Index.php/jpdpb/article/viewFile/6256/6390.

Suyono dan Haryanto. (2014). Belajar dan Pmbelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tim Kemdikbud Dikmen. (2014). Model-Model Pembelajaran Bagi pendidikan Kejuruan dan Karya Tulis Ilmiah. Pada Bimtek Lomba KTI KIIP yang diselenggarakan oleh P2TK Dikmen, 17-19 Juni 2014 di Hotel Sahid Prince Solo, Handout.