Implementasi Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bahasa Inggris Peserta Didik

  • Berty Dhea Tri SMP Negeri 12 Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia,  Indonesia
  • Rini Anggraini SMP Negeri 12 Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia,  Indonesia
  • Fiftinova Fiftinova SMP Negeri 12 Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengimplementasian Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan kemampuan memahami teks Bahasa Inggris pada peserta didik kelas VII.2 SMP Negeri 12 Palembang Provinsi Sumatera Selatan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus pada bulan Maret dan Mei 2023. Partisipan pada penelitian ini adalah 35 peserta didik dari kelas VII.2. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen tes dan observasi, lalu dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif serta persentase pada tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengimplementasian Numbered Heads Together (NHT) sangat baik diterapkan dalam pembelajaran karena meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami teks Bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes dari kondisi awal (pra-siklus) yaitu 34,29% menjadi 57,14% pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 22,85%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 85,71% (terjadi peningkatan sebesar 28,58%). Selain itu, perubahan sikap positif peserta didik juga tampak dari hasil observasi dengan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, fokus dan mencatat materi teks Bahasa Inggris, mengajukan pertanyaan, lebih bertanggung jawab dan bekerja sama, serta merasakan kegembiraan mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, pengimplementasian Numbered Heads Together (NHT) meningkatkan kemampuan memahami teks Bahasa Inggris pada peserta didik kelas VII.2 SMP Negeri 12 Palembang Provinsi Sumatera Selatan tahun ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Teks Bahasa Inggris

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-04
Bagaimana cara mengutip:
Tri, B. D., Anggraini, R., & Fiftinova, F. (2023). Implementasi Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bahasa Inggris Peserta Didik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 680-686. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.676
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 417 times
PDF downloaded: 243 times

Referensi

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Asmara, J. (2016). Pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan memahami teks descriptive Bahasa Inggris peserta didik. Jurnal Pendidikan, Sosial, Humaniora, 2(3). http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2652

Depdiknas. (2004). Pedoman penilaian hasil belajar oleh pendidik. Jakarta: Depdiknas.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Lie, A. (2002). Cooperative learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lie, A. (2010). Cooperative learning mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Maulidar, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac.id/sites/default/ files/pengabdian/dra-endang mulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model pembelajaran. pdf. pada September.

Musbikin, I. (2010). Buku pintar PAUD (dalam perspektif Islam). Yogyakarta: Laksana.

Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh kompetensi, kompensasi, dan latar belakang terhadap kinerja guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122

Nurmal, M. J., Hasbi, M., & Karniman, T. S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi himpunan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(1), 60-73.

Oxfrod, R. (2001). Language learning strategies. The cambridge guide to teaching english to speakers of other languages. Cambridge: Cambridge University Press.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Ramlah, R. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII MTsN 1 Baubau. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(1), 88-93. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.390

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Surabaya: Kencana.

Zuhdi, A. (2010). Guru idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher.

Zumroti, N. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris tentang pemahaman isi bacaan teks recount melalui metode NHT peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Adiwerna. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(4), 406-414. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i4.1694