Accounting Vocational Students' Perception Towards the English Project in Curriculum Merdeka
Abstrak
Pembelajaran berbasis proyek yang digunakan dalam kurikulum merdeka untuk membantu siswa meningkatkan soft skill mereka sesuai dengan ciri Profil Siswa Pancasila adalah salah satu hal yang paling membedakannya dari kurikulum sebelumnya. Dalam penelitian ini, akan dibahas bagaimana siswa akuntansi di sekolah kejuruan Semarang mengalami pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Inggris yang dimulai selama semester kedua sekolah tahun ajaran 2022–2023. Penelitian yang dilakukan pada siswa akuntansi kelas X di sebuah sekolah menengah kejuruan di Semarang yang pertama kali mengimplementasikan kurikulum merdeka ini, melibatkan total 36 siswa sebagai subjek. Dengan menggunakan survei pada penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan skala Likert dengan 13 kuesioner untuk mengetahui apa yang mereka rasakan tentang pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum merdeka untuk kelas bahasa Inggris. Dapat disimpulkan dari temuan penelitian ini bahwa pelajaran bahasa Inggris dengan pembelajaran berbasis proyek dipersepsikan secara positif oleh semua mahasiswa akuntansi. Jadi, guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam kurikulum merdeka sesuai dengan persepsi siswa. Ruang lingkup siswa akuntansi di SMK Semarang menjadi subjek penelitian ini.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Ainin Sofiya Septiana, Festi Himatu Karima, Prita Nusanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

