Accounting Vocational Students' Perception Towards the English Project in Curriculum Merdeka

  • Ainin Sofiya Septiana Universitas PGRI Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Festi Himatu Karima Universitas PGRI Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Prita Nusanti SMK Negeri 2 Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berbasis proyek yang digunakan dalam kurikulum merdeka untuk membantu siswa meningkatkan soft skill mereka sesuai dengan ciri Profil Siswa Pancasila adalah salah satu hal yang paling membedakannya dari kurikulum sebelumnya. Dalam penelitian ini, akan dibahas bagaimana siswa akuntansi di sekolah kejuruan Semarang mengalami pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Inggris yang dimulai selama semester kedua sekolah tahun ajaran 2022–2023. Penelitian yang dilakukan pada siswa akuntansi kelas X di sebuah sekolah menengah kejuruan di Semarang yang pertama kali mengimplementasikan kurikulum merdeka ini, melibatkan total 36 siswa sebagai subjek. Dengan menggunakan survei pada penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan skala Likert dengan 13 kuesioner untuk mengetahui apa yang mereka rasakan tentang pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum merdeka untuk kelas bahasa Inggris. Dapat disimpulkan dari temuan penelitian ini bahwa pelajaran bahasa Inggris dengan pembelajaran berbasis proyek dipersepsikan secara positif oleh semua mahasiswa akuntansi. Jadi, guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam kurikulum merdeka sesuai dengan persepsi siswa. Ruang lingkup siswa akuntansi di SMK Semarang menjadi subjek penelitian ini.

Kata Kunci: project-based learning, curriculum merdeka, accounting vocational students

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-13
Bagaimana cara mengutip:
Septiana, A. S., Karima, F. H., & Nusanti, P. (2023). Accounting Vocational Students’ Perception Towards the English Project in Curriculum Merdeka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 687-694. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.671
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 636 times
PDF (English) downloaded: 299 times

Referensi

Astawa, N. L. P. N. S. P., Artini, L. P., & Nitiasih, P. K. (2017). Project-based learning activities and efl students’ productive skills in english. Journal of Language Teaching and Research, 8(6), 1147–1155. https://doi.org/10.17507/jltr.0806.16

Beckett, G. H., & Slater, T. (2018). Project-Based Learning and Technology. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, 1–7. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0427

Chakrabartty, S. (2019). Scoring and analysis of likert scale: Few approaches. Journal of Knowledge Management and Information Technology, 1(2), 31–44. https://www.researchgate.net/publication/321268871

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Dewi, H. (2016). Project Based Learning Techniques To Improve Speaking Skills. English Education Journal (EEJ), 7(3), 341–359.

Gai Mali, Y. C. (2016). Project-Based Learning in Indonesian EFL Classrooms: from Theory to Practice. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 89–105. https://doi.org/10.15408/ijee.v3i1.2651

Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-Based Learning Why Use It? Educational Psychology, ESPY 505, 1–8.

Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, reski A., & Nirwansyah. (2020). Hots-oriented module: project based learning.

Hearn, J., & McMillan, J. H. (2008). Student Self-Assessment: The Key to Stronger Student Motivation and Higher Achievement. Educational Horizons, 87(1), 40–49. https://www.jstor.org/stable/42923742

Imbaquingo, A., & Cárdenas, J. (2023). Project-Based Learning as a Methodology to Improve Reading and Comprehension Skills in the English Language. Education Sciences, 13(6), 587.

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396–403. https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975

Kavlu, A. (2016). The Effect of Project–Based Learning on Undergraduate EFL Students’ Reading Comprehension Ability. Journal of Education in Black Sea Region, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.31578/jebs.v1i1.8

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Dwi Makrufi, A., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Z. Rachma Bahar (ed.); Cetakan I). Literasi Nusantara Abadi. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/27441/1663216595046_Pengembangan Kurikulum Merdeka WM.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Kusumawati, I. (2021). The Implementation of Project-Based Learning’s Speaking Skill for Tenth Grade Vocational High School Students. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 19(2), 377. https://doi.org/10.24167/celt.v19i2.535

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2021). Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (Sma Dan Smk). Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 31. https://doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3033

Mayasari, A., Hildayati, Nurliani, Arusliadi, H., & Rahmattullah, M. (2023). Analisis Persepsi Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 4 Banjarmasin. PROSPEK II, 2(2).

Ngadiso, N., Sarosa, T., Asrori, M., Drajati, N. A., & Handayani, A. (2021). Project-based Learning (PBL) in EFL learning: Lesson from Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1114–1122. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.558

Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric theory. In McGraw-Hill series in psychology TA - TT - (3rd ed). McGraw-Hill. https://doi.org/LK - https://worldcat.org/title/28221417

Poonpon, K. (2017). Enhancing English Skills Through Project-Based Learning. The English Teacher, XL, 1–10.

Ramadhan, A. N., & Soenarto, S. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 297. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6485

Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, ISSN 26866(http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes), 825–829.

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510

Supe, O., & Kaupuzs, A. (2015). The Effectiveness of Project –Based Learning in the Acquisition of English as a Foreign Language. SOCIETY, INTEGRATION, EDUCATION. Proceedings of the International Scientific Conference, 2, 210. https://doi.org/10.17770/sie2015vol2.458

Susanti, A., & Trisusana, A. (2017). Student Engagement and Motivation in a Vocational English Project Based Learning. UAD TEFL International Conference, 1(2003), 48. https://doi.org/10.12928/utic.v1.149.2017

Tyng, C. M., Amin, H. U., Saad, M. N. M., & Malik, A. S. (2017). The influences of emotion on learning and memory. Frontiers in Psychology, 8(AUG). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01454

Umatin, C., & Andayani, E. S. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Dan Kemampuan Bahasa Inggris Terhadap Aspirasi Karir Bidang Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1), 25–38. https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.47105

Van Den Bogaard, M. E. D., & Saunders-Smits, G. N. (2007). Peer & self evaluations as means to improve the assessment of project based learning. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 12–18. https://doi.org/10.1109/FIE.2007.4417988

Wibowo, A. (2022). The Ability to Compose Academic Writing of the Sixth Semester Students of English Department Universitas PGRI Semarang in the Academic Year 2021-2022. Applied Linguistics, Linguistics, and Literature (ALLURE) Journal, 2(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/allure.v2i1.10995

Yacob, S. (2021). Optimalisasi Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Model Project-Based Learning (PJBL). Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris, VI(2), 38–48.