Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall

  • Nuning Hardi Yanti Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Duwi Nuvitalia Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Noor Miyono Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Nur Rizkiyati SDN Karanganyar Gunung 02, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Keaktifan belajar siswa dapat dijadikan sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran, untuk memperoleh proses pembelajaran yang optimal diperlukan media pembelajaran untuk membantu siswa aktif dan mudah memahami materi. Pada era digital ini guru juga harus bisa menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti aplikasi wordwall.  Aplikasi wordwall adalah sebuah aplikasi yang berisi macam-macam permainan edukatif yang mampu diaplikasikan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan yaitu menganalisis keaktifan belajar siswa dalam menggunakan aplikasi wordwall di kelas IVC SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik berupa observasi, wawancara, dan penulusuran dokumen. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar angket. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data keaktifan belajar siswa dalam menggunakan aplikasi wordwall sebanyak 23 siswa mempunyai keaktifan belajar sangat baik dengan persentase 82%, dan 5 siswa memiliki keaktifan belajar baik dengan persentase 18% dalam menggunakan aplikasi wordwall.  Dari hasil wawancara yang telah dilaksanakan dengan siswa dapat diketahui bahwa siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi wordwall daripada pembelajaran tanpa memakai media pembelajaran.

Kata Kunci: keaktifan belajar siswa, wordwall, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nuning Hardi Yanti, Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah

Nuning Hardi Yanti, tempat tanggal lahir saya Kudus, 13 Maret 1998. Alamat saya berada di Gondosari RT 5 RW 3 Gebog Kudus Jawa Tengah. Nomer HP/WA saya adalah 085290664525. Saat ini saya sedang menempuh PPG Prajabatan 2022 Gelombang 2 di Universitas PGRI Semarang.

Diterbitkan
2023-08-02
Bagaimana cara mengutip:
Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 634-638. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.667
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 451 times
PDF downloaded: 416 times

Referensi

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). 3689-3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA press.

Lestari, E.P., Januar, H., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2). 10735-10744. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.867

Mulyadi, E. (2021). Penerapan Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). 359-367. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.295

Mungzilina, A.K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Sisiwa Kelas 2 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penenlitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2). 184-195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209

Nurafni dan Ninawati, M. (2021). Efektifitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 217-225. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17317

Nuvitalia, D., Patonah S., Saptaningrum E., Khumaedi, Rusilowati A., (2016). Analisis Kebutuhan Alat Peraga dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60-65. https://doi.org/10.15294/upej.v5i2.13622

Permana, S. P., dan Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu 6(5), 7831-7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Purwaningrum, J. P. (2018). Pakem Mtematika. Kudus: UMK.

Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388-396. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisna. (2022). Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi Kompetensi Ketimpangan Sosial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197-205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354

Wahyuningsih, A. R. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi melalui PBL Berbantuan Video Tutorial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 235-242. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.380

Yanti, N. H., Murtono, & Fardani, M. A., (2020). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Puzzle Meningkatkan Hasil Belajar Tema Cita-citaku. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 248-261. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.394